Baking Soda dan Kunyit, Ampuh Atasi Asam Lambung?

Kunyit.
Sumber :
  • Pixabay/Corey Ryan Hanson

VIVA.co.id – Banyak sekali informasi yang beredar di masyarakat, terutama terkait masalah kesehatan. Seperti yang kini muncul, mengenai cara pengobatan asam lambung menggunakan baking soda dan kunyit. Benarkah, kedua bahan tersebut ampuh mengobati asam lambung?

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Spesialis penyakit dalam, dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM mengatakan, tidak ada bukti klinis yang menyebutkan bahwa baking soda maupun kunyit bisa digunakan untuk pengobatan pasien asam lambung.

"Tetapi, kunyit itu suatu herbal, jadi silakan saja kalau mau digunakan untuk kesehatan. Sekali lagi, ini kegunaannya tidak spesifik untuk memperbaiki, atau mengontrol asam lambung. Pada beberapa pasien, justru timbul masalah kalau konsumsi produk ini. Jadi, tidak bisa digeneralisasi," ujar Ari kepada VIVA.co.id, Senin 17 April 2017.

Daun Jambu Biji dan Kunyit Bisa Jadi Solusi Atasi Masalah Pencernaan, Ini Kata Ahli Herbal

Mungkin saja, cara ini sudah dicoba oleh beberapa orang dan mereka memberikan testimoni mengenai keampuhan kedua bahan tersebut. Namun, sekali lagi, Ari menegaskan, testimoni tidak bisa digunakan sebagai bukti kuat dalam dunia medis.

Dahulu, testimoni masih mungkin diangkat sebagai bukti medis. Tetapi, seiring perkembangan saat ini, yang diutamakan adalah evidence based medicine. Artinya, pengobatan tersebut harus didasarkan pada bukti.

Kualitas Udara Memburuk, Ramuan Herbal Ini Ampuh Atasi Sakit Tenggorokan

"Buktinya, didapat berdasarkan penelitian. Penelitian seperti apa? Penelitian yang sudah dipublikasikan di jurnal-jurnal internasional. Sementara, untuk baking soda dan kunyit juga belum pernah dilakukan penelitian yang teruji dengan baik. Silakan saja dicoba, tetapi kalau tidak ada perubahan, atau menjadi tambah buruk, harus dihentikan," terang Ari.

Ari sangat tidak menganjurkan penggunaan kedua bahan tersebut sebagai obat. Namun, jika digunakan sebagai suplemen boleh saja dikonsumsi. Dan, perlu diingat bahwa jika suplemen itu justru membahayakan, atau membuat tambah buruk, segera hentikan pemakaian. (asp)

Zaidul Akbar

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Dokter sekaligus pendakwah, dr. Zaidul Akbar, mengungkap, ada banyak rempah yang bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan plak di pembuluh darah jantung. Rempah apa?

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024