Studi: Kenali Psikopat Melalui Pilihan Jurusan Kuliahnya.

Ilustrasi emulator jalankan aplikasi iOS.
Sumber :
  • pixabay/27707

VIVA.co.id – Psikopat merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang sulit dideteksi. Namun, ternyata sebuah penelitian mengklaim mampu mengenali seorang psikopat melalui pilihan jurusan kuliahnya.

Estelle Linden Ketagihan Perankan Psikopat

Dilansir dari laman Medical Daily, studi yang berjudul Personality and Individual Differences tersebut menemukan individu dengan Dark Triad traits (narsism, psikopati, dan machiavellianism) cenderung memilih jurusan bisnis dan ekonomi. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kepribadian, khususnya kepribadian 'gelap', mungkin berpengaruh dalam pemilihan jurusan kuliah.

Penemuan ini disimpulkan usai mengobservasi lebih dari 400 siswa, di mana mereka diminta melakukan tes kepribadian sekaligus menuliskan pilihan jurusan kuliahnya kelak. Sehingga ditemukan mereka yang memiliki ciri kepribadian 'gelap' cenderung memilih jurusan bisnis dan ekonomi, sedangkan mereka yang jauh dari kepribadian itu memilih jurusan psikologi.

Ahli Observasi Anak: 87 Persen Mahasiswa Salah Jurusan

Namun hasil penelitian ini telah selesai dilakukan sebelum para siswa benar-benar lulus dan masuk ke jenjang perguruan tinggi. Sehingga ada kemungkinan pilihan jurusan tersebut tidak sesuai dengan jurusan kuliah sesungguhnya yang kini mereka jalani.

Kepribadian Dark Triad mencakup psikopati, yakni sebuah gangguan mental yang digambarkan dengan kekurangan empati, disertai keinginan kuat untuk mendominasi sesuatu.

6 Tips Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Jurusan!

"Kepribadian Dark Triad dikaitkan dengan strategi jangka pendek dalam mendapatkan sesuatu, tapi mereka memiliki cara dan skenario berbeda yang natural untuk menjalani hasil yang diinginkan," ujar peneliti, Emanuel Jauk.

Ilustrasi kuliah.

10 Prospek Kerja Lulusan Manajemen, Bisa Jadi Profesi Masa Depan

Salah satu jurusan perkuliahan yang banyak diminati adalah manajemen. Meski demikian, tak sedikit yang masih belum mengetahui prospek pekerjaan dari jurusan ini.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2022