Cara Benar Konsumsi Buah Agar Vitamin Tak Hilang

Wanita makan apel.
Sumber :
  • Pixabay/publicdomainpictures

VIVA.co.id – Tubuh membutuhkan buah-buahan agar asupan vitamin dan mineral dalam tubuh terpenuhi. Namun, kebanyakan orang, mengonsumsi buah dengan cara yang salah, sehingga, kandungan vitamin dan mineral buah hilang.

Delapan Sumber Vitamin untuk Jaga Kesehatan dan Kecantikan

Untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang baik dari buah, ternyata, bisa didapatkan dari berbagai cara yakni dimakan langsung, dijus, maupun hanya diambil cairan buahnya saja. Sesaat usai buah dipotong, sebaiknya segera dikonsumsi.

"Vitamin dan mineral jangan lama-lama kena udara. Setelah dipotong, jangan ditaruh di ruang terbuka agar vitaminnya tidak hilang. Jadi harus di ruang kedap udara," ujar ahli gizi Rita Ramayulis DCN, M.Kes, di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin, 15 Mei 2017.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Selain dalam bentuk buah potong, sumber gizi yang baik juga bisa didapatkan melalui jus buah. Biasanya, jus buah masih mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

"Kemudian bisa pakai blender, kalau enggak disaring seratnya, harus segera dihabiskan juga. Karena serat dan vitamin serta mineralnya bisa didapatkan langsung usai diblender," lanjutnya.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Nah, untuk mereka yang tidak lagi membutuhkan serat, bisa mengambil keuntungan melalui cairan buahnya saja. Menurut Rita, saringan buah yang hanya menghasilkan cairan buah, bisa diberikan pada mereka yang membutuhkan vitamin dan mineral.

"Pada orang yang defisiensi betakaroten, biasanya kulitnya bersisik, namun pencernaannya lancar, biasanya butuh air buahnya saja tanpa serat," kata dia.

Kalbe Farma

Produk Vitamin Baru Bakal Banjiri Pasar Indonesia

Untuk produk vitamin.

img_title
VIVA.co.id
2 September 2016