Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut

Ilustrasi wanita lanjut usia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kasus penyakit tidak menular pada dewasa lanjut usia di Indonesia, semakin meningkat. Karena jumlah penderitanya terus meningkat, dibutuhkan banyak upaya pencegahan.

Rahasia Panjang Umur Masyarakat Payakumbuh

Berdasarkan data Riskesdas 2013, hipertensi menjadi penyakit yang mendominasi pada sebagian besar lansia. Padahal, upaya pencegahan pada penyakit ini, bisa dilakukan dengan cara mudah dan murah.

"Bergerak dengan berolahraga, membuat sirkulasi darah ke otak semakin lancar. Olahraga juga tidak mesti yang sulit, cukup jalan pagi selama 30 menit, lima kali seminggu," ujar spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Siti Setiati SpPD-KGer, M.Epid., dalam acara Philips HealthTech Thought Leadership Forum, di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat 19 Mei 2017.

Salah Naik Pesawat, Pasangan Manula Malah Bahagia

Kemudian, nutrisi seimbang juga diwajibkan dengan cara mengurangi karbohidrat dan memperbanyak protein serta vitamin mineral. Sebab, karbohidrat berlebihan malah membuat kondisi kencing manis terjadi lalu memicu demensia.

"Nutrisi seimbang dengan mengurangi karbohidrat itu sangat membantu. Kendalikan stres agar tidak memberi tekanan pada tubuh dan mencegah hipertensi dengan rutin cek tekanan darah," lanjutnya.

Rahasia Tetap Cantik Mooryati Soedibyo di Usia Senja

Istirahat cukup, dilanjutkan Siti, juga harus dilakukan guna mencegah beban pada tubuh. Hal yang tidak kalah penting, Siti menganjurkan untuk melatih kerja otak.

"Bukan berarti harus berlebihan, tapi, dengan terus belajar hal baru sesuai porsi, membuat otak terlatih untuk bekerja sehingga mencegah terjadinya demensia. Hal ini harus disertai tidur cukup untuk kembali merestore sel-sel otak," tuturnya.

Nenek memakai iPhone

Apple Harus Rekrut Nenek-nenek, Ada Apa?

Kelemahan mendasar perusahaan teknologi tak pedulikan manula.

img_title
VIVA.co.id
29 Juni 2018