Jangan Khawatir, Minum Susu Tidak Bikin Gemuk

Ilustrasi susu atau ASI perah
Sumber :
  • Pixabay/falovelykids

VIVA.co.id – Susu merupakan salah satu minuman sehat yang mengandung banyak manfaat. Namun, masyarakat cenderung mengabaikannya dan memilih minuman lain yang tidak sehat.

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

Susu ternyata dibutuhkan sejak tubuh masih dalam bentuk janin. Sebab, dengan hadirnya susu, janin bisa berkembang secara maksimal.

"Pada periode janin, gizi yang mencukupi dibutuhkan untuk berperan dalam tumbuh kembangnya. Salah satunya dari susu, yang baik untuk memberikan kebutuhan kalsium, sehingga mencegah osteoporosis di usia tua," ujar ahli gizi Dr. Marudut MPS. kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Di usia bayi, lanjut Marudut, penyerapan kalsium dari susu mencapai 60 persen. Tidak hanya kalsium, protein dalam susu juga berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang.

"Dengan konsumsi kalsium akan terbentuk deposit kalsium di dalam tulang sehingga nantinya memperlambat osteoporosis. Melalui susu juga, terdapat protein yang memperkecil risiko fraktur pada tulang," kata Marudut.

Soal Program Makan Siang Gratis, Ibu Hamil dan Balita juga Perlu Dukungan untuk Cegah Stunting

Manfaat baik ini, menurutnya harus dipahami dengan benar, agar kebutuhan kepadatan tulang saat dewasa dan lansia kelak, dapat terjaga dengan maksimal. Terlebih, konsumsi susu juga menurunkan risiko kegemukan pada tubuh.

"Selama konsumsi susunya rutin, tidak akan ada peningkatan berat badan. Menurut penelitian, mereka yang rutin konsumsi susu setiap hari, angka risiko overweight (kelebihan berat badan) lebih rendah dibanding yang tidak konsumsi susu," paparnya.

Seorang Pelajar Ditangkap di Bandara Setelah Menyelundupkan Narkoba

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

 Seorang pria kewarganegaraan Inggris ditangkap setelah kedapatan menyelundupkan kokain yang disamarkan sebagai susu saat ia tengah keluar dari Kolombia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024