Jam Tidur Teratur Tentukan Kesuksesan Karier

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay/Wokandapix

VIVA.co.id – Tidur di jam yang sama setiap malam, bisa menjadi tantangan bagi setiap orang. Namun, kebanyakan orang, justru memiliki jam tidur yang tak teratur.  Ternyata, pola waktu tidur yang tidak teratur ini sangat berpengaruh pada kehidupan Anda.

#TanyaDokter: Bagaimana Cara Mendapatkan Tidur yang Berkualitas?

Dikutip dari laman The Independent, Rabu 14 Juni 2017, sejumlah peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki jam tidur teratur, lebih sukses dibandingkan mereka yang tidur di jam berbeda setiap malam.

Para ilmuwan dari Brigham and Women's Hospital menemukan, pola tidur yang teratur sama pentingnya dengan waktu tidur yang cukup.

Walaupun Enak, Kebanyakan Tidur Ternyata Memiliki Risiko Lho

Penelitian kecil yang dilakukan mengukur ritme tidur dan sirkadian pada 61 orang mahasiswa di Harvard College selama 30 hari. Mereka menggunakan diary tidur, sebelum membandingkan data tersebut dengan kinerja akademik mereka.

Para peneliti menemukan bahwa mahasiswa dengan pola tidur yang kurang baik, memiliki rata-rata nilai lebih rendah dibandingkan yang lainnya.

Gampang Tertidur di Malam Hari? Ini Alasannya

Tidak hanya itu, mereka yang tidur di waktu sama setiap malam, cenderung langsung terbangun di pagi hari dan tertidur lebih cepat di malam hari.

Penyebab orang sulit tertidur, karena jam tidur yang berbeda setiap malam disebabkan oleh pelepasan melatonin yang tidak teratur, yaitu hormon yang membuat kita mengantuk. Jam tubuh kita pun menjadi kebingungan.

"Temuan kami mengindikasikan bahwa tidur dan bangun di waktu yang hampir sama, sama pentingnya dengan jumlah jam tidur seseorang," kata Dr Andrew J.K. Phillips, peneliti utama dan ahli biofisik di Divisi Tidur dan Gangguan Sirkadian, Brigham and Women's Hospital.

Phillips menambahkan, keteraturan tidur secara potensial penting dan merupakan faktor independen yang dapat dimodifikasi dari durasi tidur. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya