Kisah Bintang Hollywood Berjuang Lawan Diabetes

Halle Berry.
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVA.co.id – Diabetes bisa menyerang siapa saja. Bahkan, bintang Hollywood seperti Tom Hanks, Halle Berry, hingga olahragawan Sir Steve Redgrave juga tengah berjuang melawan diabetes yang dideritanya. Mereka, menderita diabetes tipe 2.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Tom Hanks diperingatkan oleh dokternya tentang diabetes di tahun 2013. Sementara Halle Berry oleh dokternya didiagnosa menderita diabetes di awal usia 20-an.

Aktor peraih Oscar, Tom Hanks, yang sekarang berusia 60 tahun, mengakui bahwa dia menyesalkan peringatan dokternya yang sering dia abaikan. Saat itu, dia diperingatkan karena selalu memiliki kadar gula darah tinggi selama bertahun-tahun sebelum dia didiagnosis dengan diabetes tipe 2 pada tahun 2013.

Bukan Jam 7, Ini Waktu yang Tepat untuk Makan Malam

Dilansir laman Daily Mail, diabetes adalah kondisi yang disebabkan ketika pankreas berhenti memproduksi cukup hormon insulin, yang membantu kita menyerap gula darah dan mengubahnya menjadi energi.

Dan ini adalah salah satu masalah kesehatan dengan pertumbuhan tercepat di Inggris. Penyakit ini seringkali membuat penderitanya merasa lelah dan lemah dalam jangka pendek, jangka panjang bisa secara dramatis meningkatkan kemungkinan serangan jantung atau stroke.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan saraf, penyakit ginjal, kehilangan penglihatan dan kebutaan.

Tapi ada kabar baik, dalam beberapa kasus penyakit ini bisa dicegah. Dan bahkan jika Anda mengalami kondisi ini, mungkin Anda bisa mengendalikannya dengan kombinasi diet yang baik, menurunkan berat badan (jika Anda kelebihan berat badan) dan berolahraga. Namun, untuk beberapa orang memang membutuhkan obat untuk membantu mengendalikan kadar glukosa darahnya.

Siapa Saja yang Berisiko?

Siapa saja bisa berisiko mengembangkan diabetes tipe 2, termasuk mereka yang berada di atas usia 40-an, mereka yang memiliki kelebihan berat badan dan mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan kondisi diabetes.

Orang kulit hitam dan Asia juga rentan secara genetik pada usia yang lebih muda. Gadis Bond, Halle Berry juga ketahuan menderita diabetes tipe 2 saat dia masih berusia awal 20-an.

Tanda-tanda yang harus diwaspadai salah satunya memiliki kadar gula darah tinggi, memiliki riwayat keluarga dengan masalah diabetes, sering merasa haus, sering buang air kecil, sering mudah lelah, penglihatan kabur, hingga memiliki luka yang lama sembuh.

Jika Anda memiliki gejala-gejala ini atau khawatir Anda berisiko, Anda harus menemui dokter umum atau menghadiri konsultasi gratis. "Saya pikir saya bisa menghindarinya dengan mengeluarkan roti dari burger keju saya," kata Tom Hanks. "Saya adalah bagian dari generasi malas yang terus-menerus menari saat pesta dan sekarang menemukan diri kita menderita penyakit. Aku benar-benar idiot," ujarnya.

Biasanya ketika telah didiagnosa menderita diabetes, para penderitanya harus berusaha memantau kadar gula darahnya secara ketat. Bahkan, ada pula yang harus menyuntikkan insulin jika memang dibutuhkan.

Sejumlah seleb yang melakukan suntik insulin untuk memantau kadar gula darahnya termasuk penyanyi Nick Jonas, pemain sepak bola Gary Mabbutt, produser rekaman Damon Dash dan aktris Vanessa Williams.Mereka juga rutin berolahraga untuk menurunkan berat badan.

Sementara, Halle Berry tidak perlu melakukan diet saat didiagnosis pada 1989 setelah ambruk di lokasi syuting TV dan dilarikan ke rumah sakit. Sebagai gantinya, setelah menghabiskan satu minggu dalam keadaan koma, dia beralih menjalankan diet rendah karbohidrat, gula dan lemak.

"Saya pergi ke rumah sakit saat napas saya seperti napas yang terakhir,  dan keluar merasa seratus kali lebih baik," katanya.

"Saya tahu sudah waktunya untuk merawat diri saya dengan lebih baik dan saya dapat dengan jujur mengatakan bahwa saya adalah orang yang lebih sehat daripada sebelum saya sakit."

Diabetes sebenarnya memang bisa dikontrol. Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka komplikasi akibat diabetes bisa dihindari. Seperti yang dilakukan oleh Sir Steve Redgrave.

Pendayung, yang kakeknya menderita diabetes tipe 2, didiagnosis pada tahun 1997, setahun setelah memenangkan medali emas keempat Olimpiade ini. "Awalnya saya pikir karier saya sudah berakhir. Lalu saya pergi menemui spesialis yang mengatakan, 'Saya tidak dapat melihat alasan mengapa Anda tidak dapat melanjutkan',"

Tiga tahun kemudian, berkat suntikan insulin, dia memenangkan medali emas kelima yang memecahkan rekor di Olimpiade Sydney. Peraih medali emas Olimpiade Sir Steve Redgrave, benar, dia bisa mengelola diabetes dan karier lewat aktivitas olahraganya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya