Perawatan Sederhana Bagi Kulit Berminyak

Muka berminyak.
Sumber :

VIVA.co.id – Memiliki kulit dengan kadar minyak berlebih, merupakan hal yang dapat merusak penampilan. Selain menurunkan rasa percaya diri, kulit berminyak juga dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

Ini Dia Faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Untuk mengatasi hal ini, tak jarang orang-orang mengeluarkan banyak biaya, agar kulit menjadi normal dan tidak terlalu berminyak. Padahal, banyak cara mudah dengan minim biaya untuk mengatasi hal ini.

Berikut ini, beberapa caran yang dilansir Times of India, Kamis 6 Juli 2017.

7 Trik Jitu Kurangi Minyak di Wajah Sampai Tuntas

Perhatian kandungan sabun wajah

Jika melihat kelebihan minyak di wajah dan sepertinya tidak ada yang berubah, bahkan setelah mencuci muka, perlu menemukan yang satu untuk jenis kulit Anda. 

Deretan Makanan Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Carilah pembersih yang lebih transparan dan tidak memiliki formula krim. Pilihlah sabun cuci muka yang mengandung benzoil peroksida, minyak pohon teh, minyak nimba, dan asam salisilat yang dapat mengontrol kulit berminyak.

Hindari cuci muka terlalu sering

Guna menghilangkan minyak berlebih, banyak orang mencuci wajahnya terlalu sering. Sebenarnya, itu adalah hal yang salah, karena secara tidak langsung dapat mengurangi minyak alami yang mampu melembapkan kulit wajah.

Tetap gunakan pelembap

Banyak orang menghindari penggunaan pelembap untuk menghindari kilau yang berlebih pada kulit berminyak. Padahal, dengan melewatkan langkah ini, kulit akan menjadi kering dan akhirnya menghasilkan lebih banyak minyak. 

Untuk menghindari siklus ini, banyak pakar ahli yang menyarankan untuk menggunakan pelembap, agar kulit tetap terhidrasi. Carilah krim yang tepat yang mengandung asam hyaluronic, lidah buaya, dan gliserin. 

Gunakan make-up ringan

Jika memang diharuskan menerapkan make-up, pilihlah  yang tidak berat dan bebas minyak. Pilih make-up  dengan bijak seperti foundation mousse yang lebih cair. 

Tidak lupa, sediakan bedak bubuk setelah penerapan krim. Terakhir, pastikan  membersihkan make-up dan membiarkan kulit bernafas.

Jangan lakukan eksfoliasi

Banyak pengobatan yang mungkin menganjurkan untuk melakukan pengangkatan sel kulit mati, atau eksfoliasi. Untuk kulit berminyak, sebaiknya hindari eksfoliasi berlebihan, karena dapat menjauhi, karena akan menghilangkan asam lemak yang dibutuhkan kulit. Sebagai gantinya, carilah masker tanah liat yang mampu membantu melarutkan minyak. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya