Ingin Sehat Tanpa Biaya? Lakukan Ini Dipagi Hari

Ilustrasi buah dan sayur
Sumber :

VIVA.co.id – Menjadi sehat itu pilihan. Menjadi sehat itu tidak mahal. Banyak hal kecil yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Tinggal yang memutuskan mau melakukannya atau tidak. 

Sederet Cara Ampuh Atasi Asam Lambung Naik, Segera Terapkan!

Bagi yang ingin memulai untuk mendapatkan tubuh yang sehat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah di pagi hari. Berikut di antaranya dilansir laman New York Post, Selasa 11 Juli 2017.

Minum air putih

Makanan Terbaik untuk Sistem Limfatik yang Sehat

"Kita terjaga dalam keadaan dehidrasi. Tingkat dehidrasi kecil saja dapat membuat tubuh kekurangan tenaga dan memperlambat metabolisme," ujar Alissa Rumsey, MS, RD, dietitian asal New York. Oleh karena itu, usahakan untuk meminum air putih setelah bangun pagi untuk menambah tenaga di pagi hari.

Meditasi

Bagaimana Cara Makan Sehat Tapi Minim Bujet

"Luangkan beberapa menit di pagi hari untuk duduk sejenak untuk membantu memfokuskan pikiran dan menurunkan stress di pagi hari," ujar KAra Lydon, RD, RYT, dietitian dan guru yoga di The Foodie Dietitian, Boston, Amerika Serikat. 

Meditasi.

Kata Kara, sebuah studi menunjukkan bahwa meditasi dapat memengaruhi otak terutama yang berkaitan dengan kesadaran, empati, kecerdasan, ingatan dan perasaan.

Konsumsi buah dan sayur

Sudah tidak perlu dipertanyakan mengapa hal ini sebaiknya diamalkan setiap hari. Buah dan sayur bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

Peregangan

Menurut Ryan Whitcomb, RD, CLT, pemilik GUT RXN Nutrition, peregangan di pagi hari dapat memperlancar peredaran darah dan menghilangkan sisa-sisa kantuk. Tak hanya itu, peregangan juga baik untuk Anda yang menghabiskan waktu duduk seharian bekerja di depan komputer. Peregangan baik untuk tulang belakang. 

Sarapan dengan serat

Ada baiknya mencoba untuk mengonsumsi makanan kaya serat seperti olahan gandum utuh di pagi hari. Ketimbang karbohidrat, makanan kaya serat dapat membuat perut kenyang lebih lama sehingga saat siang hari tidak terlalu kelaparan dan kalap saat jajan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya