Sering Minum Air Es Bikin Gemuk, Benarkah?

Ilustrasi minuman dingin
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Banyak mitos beredar seputar diet dan menjaga berat badan, salah satunya adalah konsumsi air dingin. Rumor yang beredar menyebutkan, jika terlalu sering konsumsi air es akan menyebabkan kegemukan akibat lemak di dalam tubuh menjadi lebih padat.

Jangan Lengah, Ini Bahaya Minum Air Es di Cuaca Panas

Pakar biomedik dr Aninda Perdana, B Med Sc menjelaskan, bahwa anggapan tentang air dingin dengan berat badan adalah hoax. Menurutnya, mengkonsumsi air dingin sama sekali tidak dapat menyebabkan kegemukan.

"Enggak ya, kecuali air mineral dingin itu dicampur dengan bahan lain seperti perisa dan pemanis," ujarnya.

Alasan Minum Es Saat Buka Puasa Berbahaya Bagi Tubuh

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHGW), dr. Budi Wiweko, SpO. mengatakan, bahwa banyak minum air putih justru mampu membantu menurunkan menurunkan berat badan. 

"Banyak minum air putih justru membantu Anda mengurangi gula yang dikonsumsi. Kalau kita lapar kita minum air putih," ungkapnya kepada VIVA.co.id

Sering Buka Pakai Es Buah Bikin Sakit Kepala, Kok Bisa?

Dia menerangkan, bahwa air mineral mampu menurunkan kadar gula yang ada di dalam tubuh yang menjadi salah satu sumber potensi kegemukan. Menurut dia, takaran mengonsumsi air bagi yang sedang menjalani program diet tidak berbeda, yaitu delapan gelas perhari.  

Dia pun juga memberikan informasi mengenai jenis air yang baik untuk tubuh salah satunya air mineral atau air putih. "Secara alami air mengandung mineral karena berasal dari dalam tanah. Selain itu, air yang sehat itu tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa (tawar) dengan tingkat keasamannya (ph) normal 7,2-7,4," ujarnya. (mus)

Ilustrasi racun sianida.

Terpopuler: Sianida Bikin Mulut Berbusa? Hingga Arti Saat Mantan Menghubungi Lagi

Round-up dari kanal LIFESTYLE pada Senin, 9 Oktober 2023. Salah satunya tentang kabar yang menyebut keracunan sianida buat mulut berbusa.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2023