Ternyata Batuk Tak Masuk Kategori Penyakit, Lalu?

ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Viva.co.id/Lutfi

VIVA.co.id – Pemahaman masyarakat terkait batuk selama ini ternyata keliru. Kebanyakan dari masyarakat awam mengira bahwa batuk adalah sebuah penyakit. 

Waspada, Pertanda Batuk yang Bisa Jadi Pemicu Gejala Kanker Paru-paru

Padahal, menurut DDR dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K), Konsultan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, batuk bukanlah penyakit. Lantas, seperti apa penjelasannya? 

"Batuk bukanlah penyakit melainkan refleks proteksi tubuh untuk membersihkan jalan napas atau tenggorok, ketika terpapar oleh lendir, atau partikel kecil seperti asap atau debu, agar proses bernapas berjalan Iancar," kata dia, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 26 Juli 2017. 

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Dia menjelaskan bahwa batuk adalah suatu gejala yang terjadi salah satunya, karena adanya infeksi di saluran pernapasan. Tubuh memunculkan mekanisme batuk sebagai upaya untuk membersihkan suatu yang menghambat pada saluran pernapasan, atau di tenggorok. 

"Adapun radang tenggorokan merupakan istilah umum yang menggambarkan rasa sakit tenggorokan baik saat menelan Iudah, atau pun menelan makanan, bahkan dalam kasus yang berat tidak menelan juga terasa sakit," kata dia. 

Batuk Pilek Pada Anak, Apa yang Harus Diwaspadai?

Lebih jauh, dia menjelaskan, penyebab batuk dan radang tenggorokan yang paling umum terjadi adalah infeksi jalan napas atas yang dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri. 

"Virus atau bakteri tersebut menghasilkan lendir yang mengiritasi jalan napas. Mengonsumsi obat batuk dapat membantu memperlancar dan melegakan proses bernapas," kata dia. (asp)

Taylor Swift

Penggemar Khawatir Taylor Swift Sakit dan Bisa Batalkan Konser di Singapura

Taylor Swift membuat para penggemarnya khawatir setelah video dirinya saat menggelar Eras Tour di Singapura menjadi viral lantaran ia terlihat beberapa kali menahan batuk

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024