Penyebab Tumbuhnya Jerawat dan Kutu di Organ Kewanitaan

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pexels/Adrianna Calvo

VIVA.co.id – Masalah jerawat tak hanya timbul di wajah dan punggung. Area intim wanita juga bisa ditumbuhi jerawat. Banyak yang beranggapan, sering mencukur rambut di area kewanitaan membuat organ intim tumbuh jerawat.

5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Dijamin Sembuh Seketika

Bagi sebagian wanita adanya rambut di sekitar area kewanitaan memang menyebabkan rasa ketidaknyamanan. Bagi sebagian wanita akan memilih untuk menghabisi rambut-rambut halus di area intim tersebut menggunakan laser. Kegiatan itu, dinilai oleh dr. Ni Komang Yeni DS, SpOG tidak akan berdampak apapun terhadap area intim wanita.

"Itu kebutuhan masing-masing tapi itu saya rasa cukup sehat dan baik, karena biasanya kalau rambut organ intimnya terlalu tebal kita habis cuci lalu gunakan celana," kata dr Ni Komang saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Selasa, 1 Agustus 2017.

Peradangan Vagina Hingga Seks Menyakitkan, Penelitian Temukan Solusi Atasi Masalah Kewanitaan

Namun perlu diwaspadai, jika setelah bercukur tidak langsung dicuci dan dikeringkan, lalu saat kondisi area intim masih lembap langsung menggunakan celana jeans, ini bisa berbahaya. "Kondisi ini dapat menimbulkan jamur," katanya.

Dia pun menyarankan, agar area intim tetap sehat, ada baiknya, tidak "membabat" habis rambut tersebut dengan menggunakan pisau cukur.

Awas! Meski Nikmat, Posisi Seks Ini Berbahaya dan Berisiko Bikin Penis Patah

"Kalau dicukur dengan pisau cukur itu menyebabkan rambut akan tumbuh kasar, dan terkadang ketika menggunakan pisau cukur tidak sesuai arah, dan itu akan timbulkan jerawat di area vulva," paparnya.

Dia juga menjelaskan tidak mempersalahkan wanita untuk menggunting habis rambut-rambut halus itu.

"Enggak ada masalah, boleh saja kok sampai habis. Kalau ternyata rambutnya enggak dibersihkan juga malah kutunya tumbuh di rambut karena di daerah itu ada folikal. Bisa menyebabkan kutu, tapi kutu yang berasal dari rambut biasa tumbuh di vagina," tukasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya