Efek Mengerikan Usai Tiup Kue Ultah

Ilustrasi meniup kue ulang tahun
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Suatu saat Anda pergi ke pesta ulang tahun, pertimbangkan lagi untuk memakan potongan kue ulang tahun yang dibagikan. Karena, menurut sebuah penelitian, meniup lilin ulang tahun bisa meningkatkan jumlah bakteri di kue ulang tahun hingga mencapai 1.400 persen.

Hati-hati, Obesitas Bisa Bikin Otak Pikun

Dilansir laman The Independent, Rabu 2 Agustus 2017, Clemson University, di South Carolina, Amerika Serikat, melakukan penelitian dengan bantuan sekelompok mahasiswa mengenai keamanan makanan. Para peneliti pun dibuat tercengang setelah menghitung jumlah bakteri sesudah proses menghembuskan napas dan meniup kue ulang tahun.

Setelah menempelkan frosting (cream kue) dan lilin di sebuah styrofoam berbentuk seperti kue, tim peneliti mengonsumsi pizza dengan harapan dapat membantu kelenjar air liur bekerja.

Pramugari Ternyata Lebih Rentan Kena Kanker, Apa Sebabnya?

Mereka kemudian menyalakan lilin dan meniupnya sebelum mencairkan frosting dengan air sterilisasi, dan menaruhnya di piring laboratorium agar bakteri bisa berkembang.

Meski para peneliti mengakui bahwa ini bukan cara yang paling tepat untuk menghitung bakteri karena masing-masing bakteri bisa tumbuh di piring laboratorium, tapi ini bisa memberikan beberapa hasil yang menarik. Termasuk hasil yang menyebutkan bahwa setiap tiupan menghasilkan tipe bakteri yang sangat berbeda.

Terbiasa Makan Siang di Kantor, Perlu Perhatikan Hal Ini

Rata-rata, penelitian ini menemukan bahwa meniup lilin menyebabkan lapisan frosting kue bisa mengembangbiakan 14 kali lebih banyak bakteri.

Tapi, pada satu kasus, tiupan ini bisa secara luar biasa meningkatkan lebih dari 120 kali bakteri. Hal ini membuktikan bahwa, beberapa orang mentransfer lebih banyak bakteri dibanding orang lain.

Meskipun hasilnya mengejutkan, namun para peneliti bersikeras bahwa meskipun mulut manusia penuh bakteri, tapi sebagian besar tidak berbahaya dan tidak masalah jika Anda memakan kue ulang tahun yang lilinnya sudah ditiup orang. Selama, orang tersebut tidak dalam kondisi sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya