Otot Kaki Sering Terasa Seperti Ditarik, Berbahayakah?

Ilustrasi nyeri asam urat.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA.co.id – Kram kaki adalah kontraksi otot yang tiba-tiba dan tidak disengaja. Meskipun tidak berbahaya, kaki yang uratnya terasa seperti ditarik ini bisa terjadi kapan saja dan sangat mengganggu aktivitas karena sangat menyakitkan.

Kenali 6 Tanda Ginjal Sedang Tidak Sehat, Segera ke Dokter

Kram kaki bisa terjadi tiba-tiba dan berlangsung hingga beberapa menit.

Para ahli berpendapat bahwa kram kaki bisa terjadi akibat beberapa penyebab. Dilansir dari laman Health, berikut ini penyebab terjadinya kram kaki, yang bisa Anda perhatikan sebagai solusi pencegahan di kemudian hari.

Penyebab Kram Kaki di Malam Hari dan Faktor Risiko pada Kesehatan

Dehidrasi

Salah satu penyebab klasik kram kaki adalah dehidrasi. "Atlet dan penggemar olahraga selalu mengalami kram setiap saat," kata Mark D. Peterson, PhD, asisten profesor penelitian di departemen pengobatan fisik dan rehabilitasi di University of Michigan Medical School.

Otot Kram Malah Dipijat, Hati-hati Ini Akibatnya

"Terutama selama bulan-bulan musim panas, sehingga tubuh kekurangan cairan," ujarnya. 

Ia juga menambahkan bahwa penipisan cairan dalam tubuh menyebabkan ujung saraf menjadi lebih peka. 

Kehamilan

Kehamilan meningkatkan risiko wanita terkena kram kaki, terutama pada trimester kedua dan ketiga. 

"Ini kemungkinan besar karena kemungkinan kekurangan magnesium dan kalium lebih tinggi selama kehamilan," kata Peterson. Jika Anda hamil dan mengalami kram kaki, tetap terhidrasi dan pertimbangkan untuk menggunakan suplemen magnesium-dengan persetujuan dokter Anda.

Terlalu banyak bergerak dan olahraga

Terlalu banyak berolahraga dan beraktivitas menyebabkan kekurangan cairan. Sehingga kram kaki lebih mudah terjadi.

"Jika Anda dalam jangka panjang, atau Anda sedang melakukan boot camp, Anda mungkin akan mengalami kram di kemudian hari," kata Peterson. 

Kelelahan

Secara fisiologis saat otot lelah, selain dehidrasi, tubuh akan kehilangan banyak nutrisi.

Dr. Miranda-Comas mengatakan. Dengan kata lain, otot yang lelah kehilangan lebih banyak nutrisi daripada yang digunakannya.

Duduk dan berdiri terlalu lama

Dr Sontag menyebutkan bahwa otot dibuat untuk bergerak, berkontraksi, dan beristirahat, jadi jika Anda melakukan sesuatu yang diam ditempat dalam jangka waktu lama seperti misalnya duduk dan berdiri secara langsung dapat membuat otot kelelahan sehingga menyebabkan kram. 

Penyakit arteri perifer

Jika kram kaki Anda tampak spontan dan tidak berhubungan dengan olahraga, penting untuk menemui dokter Anda dan mencari tahu masalah yang mendasarinya. 

Dr. Miranda-Comas hal lain yang dapat menyebabkan kram kaki misalnya penyakit arteri perifer. Kondisi ini terjadi saat kolesterol menyumbat pembuluh darah di kaki sehingga memengaruhi aliran darah.

Multiple sclerosis

Kram kaki juga bisa menjadi gejala gangguan sistem saraf multiple sclerosis. Beberapa orang dengan pengalaman spastisitas MS, yang dapat mencakup serangkaian kejang otot dan kedutan yang tidak disengaja, serta kram kaki.

Spastisitas mungkin terasa ringan atau kesemutan pada otot pada beberapa orang atau kram dan rasa sakit yang parah pada orang lain.

Jika tidak diobati, spastisitas dapat menyebabkan sendi beku atau tidak bergerak, jadi bicarakan dengan dokter jika Anda memiliki gejala MS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya