Kenali Maag Akut, Penyakit yang Diidap dr Ryan Thamrin

Dokter Ryan Thamrin (semasa hidup)
Sumber :
  • Twitter @ryanthamrin

VIVA.co.id – Berita duka menyelimuti dunia kedokteran. Dokter muda yang sempat memandu acara Dr OZ Indonesia, dr. Ryan Thamrin meninggal dunia hari ini karena penyakit maag akut yang dideritanya setahun terakhir.

Bukan Sakit Maag, Nyeri di Ulu Hati Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung, Begini Cara Bedakannya

Mungkin sudah banyak yang mendengar penyakit ini, tapi seberapa bahayakah hingga bisa mengancam jiwa? Dilansir dari Better Health, maag kronis mengacu pada maag yang muncul baik di perut atau di bagian pertama dari usus yang mengarah ke perut, yang disebut dengan usus 12 jari.

Banyak yang berpikir jika penyebab dasar maag adalah stres, merokok, dan pola makan yang tidak teratur. Namun, bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) dikenal sebagai penyebab dari sebagian besar maag di usus 12 jari dan 60 persen maag perut.

Gak Dipenjara karena Sakit Lambung, Lina Mukherjee Isyaratkan Diintimidasi Seseorang

Bakteri H.pylori juga memicu berbagai gejala dispepsia atau gangguan pencernaan. Penemuan mikroorganisme bakteri H. pylori ditemukan pada tahun 1983, membuat revolusi di banyak aspek gastroenterology, termasuk pengobatan maag.

H. pylori hidup di dinding perut dan zat kimia yang dihasilkannya menyebabkan iritasi dan peradangan. Bakteri ini penyebab langsung sepertiga penyakit maag dan menjadi kontributor dari sekitar 3/5 kasus maag.

Ternyata, Sakit Gigi Hingga Nyeri di Ulu Hati Bisa Jadi Pertanda Penyakit Jantung

Sejumlah peneliti yakin bakteri ini juga berperan dalam berkembangnya kanker perut. Sementara komplikasi serius dari maag adalah pendarahan ulkus dan bisa mengancam jiwa khususnya pada orang tua atau mereka yang memiliki beberapa masalah medis.

Maag yang parah dan tidak tertangani, seringkali membakar dinding perut, membuat cairan dan makanan yang tercerna bocor ke dalam lubang abdominal. Kondisi medis darurat ini dikenal dengan tukak lambung. Biasanya, pengobatannya membutuhkan operasi segera. (mus)

Ilustrasi sakit Maag.

Catat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Maag merupakan kondisi peradangan atau iritasi pada lambung yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam lambung yang berlebih.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023