KARS Tekankan Standar Rumah Sakit Terakreditasi

Rumah Sakit Islam Jemursari
Sumber :
  • Rumah Sakit Islam Jemursari

VIVA.co.id – Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) kembali mengingatkan perihal standar rumah sakit yang terakreditasi. Tujuannya, agar standar pelayanan rumah sakit di Indonesia semakin baik.

DPR Kritisi Kenaikan Kasus DBD, Banyak Warga Tak Dapat RS

Ketua Eksekutif Komisi Akreditasi Rumah Sakit, dr.Sutoto mengatakan, pasien punya hak untuk dilayani oleh rumah sakit yang sudah terakreditasi. “Bila ada pasien diperlakukan tidak baik oleh layanan rumah sakit, bisa melaporkan ke bagian customer service rumah sakit tersebut. Pihak manajemen rumah sakit harus merespons setiap keluhan pasien,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu 13 Agustus 2017.

Sutoto menjelaskan, untuk mewujudkan hal tersebut, KARS menggelar Semiloka Akreditasi. Tujuannya, agar para direktur atau pengelola rumah sakit mendapatkan pemahaman yang mantap mengenai standar akreditasi rumah sakit yang baru (SNARS Ed 1).

4 Meninggal, Penderita DBD di Brebes Capai 446 Orang Selama Kurang dari 3 Bulan

“Juga agar mendapat pencerahan tentang cara – cara mempersiapkan proses akreditasi di rumah sakit masing masing. Sehingga diharapkan setelah mengikuti Semiloka ini rumah sakit tidak ragu lagi untuk mengajukan permintaan akreditasi rumah sakitnya pada KARS dengan standar yang baru,” ucap Sutoto.

Menurut Sutoto, kini, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 34 tahun 2107 yang diberi kewenangan melakukan akreditasi adalah lembaga independen yang sudah terakreditasi ISQua. Dan lembaga KARS telah terakreditasi ISQua baik untuk organisasinya maupun sistem rekrutmen dan pelatihan calon surveyornya.

Khawatir Gempa Susulan, Pasien RS Unair Surabaya Dirawat di Tenda Darurat

Sebelumnya digelar pertemuan ilmiah 1450 surveyor KARS. Pertemuan ini merupakan kegiatan reguler yang dilaksanakan setiap tahun bagi seluruh surveior dan tahun 2017 merupakan kegiatan tahun ke-3 yang dilaksanakan.

Tahun 2016 dan 2017 minat dan kesiapan rumah sakit untuk mengikuti akreditasi sudah meningkat secara signifikan. Dari catatan yang ada lebih dari 1.100 rumah sakit yang telah dilakukan akreditasi dengan standar versi 2012 baik melalui program akreditasi reguler maupun program khusus. (mus)

Serangan Israel di RS Al-Shifa (Doc: Anadolu Ajansi)

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Pasukan Israel telah membunuh lebih dari 200 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024