Meningkat 70 Persen, Penderita Kanker Didominasi Anak-anak

Ilustrasi peduli terhadap kanker.
Sumber :
  • REUTERS/Jumana El Heloueh

VIVA.co.id – Pengidap penyakit kanker di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tajam. Hal ini dilihat dari banyaknya data terkait kasus kanker yang dipublikasikan berbagai lembaga kanker.

Kisah Tiga Keluarga di Australia Menghadapi Kanker

Peningkatan penderita kanker 2 tahun belakangan ini mencapai 70 persen. Hal itu diungkapkan Korry Juita dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Menurutnya, dengan banyaknya kasus penderita penyakit kanker bukan tidak mungkin dapat meningkatkan kasus meninggal karena penyakit kanker.

Menurutnya penyakit kanker tersebut didominasi oleh penderita penyakit leukimia dan lebih banyak diderita oleh anak-anak.

Jokowi Akan Atur Biaya Pengobatan Kanker untuk Anak

"Dalam 2 tahun terakhir ada sekitar 70 persen peningkatan penyakit kanker. Penyakit ini di dominasi oleh kanker Leukimia yang umumnya diderita anak-anak," ujar Korry Juita saat acara Daan Mogot City Ajak Lawan Kanker dengan Berlari dan Kungfu di Jakarta Pusat, Minggu, 20 Agustus 2017.

Dia menuturkan bahwa biasanya anak-anak yang mengidap penyakit leukemia sering ditemukan pada saat usianya di bawah 15 tahun. Penyakit ini baru terdiagnosa oleh dokter setelah mencapai taraf stadium lanjut.

Aksi Berani Gundul untuk Peringati Hari Kanker Anak

Penyakit ini biasanya disebabkan karena kelainan genetik, riwayat keluarga, leukimia dan paparan bahan kimia tertentu. Bila pengananan terhadap para pengidap leukemia ini sangat lamban maka ini akan berakibat menjadi kematian. 

"Leukemia atau kanker darah, untuk saat ini masih merupakan salah satu jenis kanker yang datanya cukup banyak. Leukemia saat ini masih merupakan kasus kanker yang tertinggi pada anak-anak. Umumnya, leukemia ini terjadi karena lemahnya penanganan kanker pada anak-anak," ucap dia.

ilustrasi bayi.

Banyak Kasus Kanker Anak Tidak Terdiagnosis, Ini Sebabnya

Faktor ekonomi di negara-negara berpenghasilan rendah.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2019