Pengobatan Kanker Payudara Bagi Wanita Hamil

Wanita hamil.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Menderita kanker payudara di saat hamil adalah hal yang memilukan. Meski begitu para calon ibu tidak perlu khawatir dan  putus asa karena ada banyak cara untuk mengatasinya untuk kebaikan ibu dan calon buah hati.

Kisah Sedih Istri Idap Kanker, Suami Malah Selingkuh dengan Adik

Ina Sumantri selaku anggota komunitas Love Pink mengatakan bahwa ternyata ada pengobatan khusus bagi wanita hamil yang terkena kanker payudara. Meskipun kanker itu sendiri tampaknya tidak memengaruhi janin, pengobatan kanker payudara tertentu bisa berbahaya.

Para wanita hamil dapat melakukan pemeriksaan payudara klinis sebagai bagian dari perawatan prenatal. Screening mammography (pemindaian mammografi) tidak digunakan pada perempuan hamil karena radiasinya dapat membahayakan janin. 

Kulit Kering saat Hamil, Berbahayakah? Ini Penjelasannya

"Jadi bagi para wanita hamil yang mengidap penyakit kanker payudara jangan berkecil hati. Sebab ada perawatan bagi mereka sekaligus janinnya seperti pemindaian mammografi," ujar Ina ditemui VIVA.co.id di kawasan Jakarta Pusat.

Ina menuturkan bahwa  pada trimester pertama, seorang perempuan biasanya akan ditemukan benjolan. Mereka bisa melakukan tes-tes seperti ultrasonografi payudara (daripada mammografi) digunakan untuk memeriksa kanker payudara.

Terhalang Tabu Soal Seks, Kasus Kanker Payudara Meningkat

Kemudian pasca trimester, para ibu hamil dapat melakukan prosedur diagnostik mammogram yakni penempatan sebuah perisai yang menutupi perutnya guna melindungi janin. 
Selain itu, pada trimester kedua atau ketiga mereka bisa melakukan kemoterapi sebelum operasi.

"Jadi para penderita juga bisa melakukan tes-tes seperti ultrasonografi payudara (daripada mammografi) digunakan untuk memeriksa kanker payudara. Serta kemoterapi sebelum operasi," ucap dia.

Acha Septriasa.

Acha Septriasa Keguguran Anak Kedua

Acha Septriasa harus menerima kenyataan pahit karena kehilangan calon buah hatinya itu. Kabar itu ia ungkap dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2023