Tips Sukses Turunkan Berat Badan dengan Fitness Tracker

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA.co.id – Menurunkan berat badan bukan lah hal yang mudah. Butuh proses panjang dan disiplin, agar, program penurunan berat badan bisa tercapai.

Kemenperin Angkat Potensi Jenama Lokal Produk Pakaian dan Alat Olahraga

Dalam prosesnya, tentu memerlukan sebuah rencana, bahkan butuh pula suatu perangkat yang bisa memotivasi agar program penurunan berat badan berhasil.

Di era teknologi ini, bagi sebagian orang mungkin berolahraga itu sulit, tetapi untuk ‘melacaknya’ tentu tidak. Bahkan Anda dapat memulainya dari sofa. Pelacak kebugaran atau fitness tracker bahkan bisa membantu, menghitung langkah Anda dan memotivasi Anda untuk berolahraga sepanjang hari tanpa perubahan gaya hidup atau diet yang drastis.

Cara Kelly Tandiono Tetap Aktif dan Sehat di Rumah

Fitness tracker akan memantau latihan Anda dan menampilkan informasi tentang rutinitas harian Anda pada smartphone atau pada layar perangkat itu sendiri. Bila selama ini Anda sengaja berhenti saat berlari untuk menghitung denyut jantung atau menghitung jarak Anda berlari secara manual, kini biarkan fitness tracker yang merekam dan menampilkannya untuk Anda.

Semuanya pun dirasa lebih mudah untuk hidup lebih sehat. Salah satunya dengan fitness tracker ini. Sama seperti teknologi lainnya, fitness tracker baru akan berfungsi maksimal ketika Anda tahu bagaimana menggunakannya. Berikut tipsnya seperti diungkapkan Managing Director for Garmin South Asia Engelhard Sundoro.

Kata Dokter, 3 Alat Rumah Tangga Ini Bisa Dipakai untuk Olahraga

Capai 10 ribu langkah

Hampir semua fitness tracker memasang angka di 10 ribu langkah per hari. 10 ribu langkah adalah skenario yang ideal. Hal ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Karena, jika Anda memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak maka tubuh akan semakin buruk dalam menangani gula darah. Hasilnya, tubuh harus menghasilkan terlalu banyak insulin dalam proses dan jika keadaan menjadi serius, Anda akan menderita diabetes tipe II.

Kombinasi

Mencapai target 10 ribu langkah adalah salah satu dasar dalam program penurunan berat badan, namun untuk lebih efektif, berolahragalah untuk membakar kalori lebih cepat. Pilih olahraga seperti lari atau angkat beban.

Dalam hal ini, fitness tracker akan berguna untuk mengukur hasil latihan Anda. Dengan fitness tracker, mengukur hasil latihan Anda jadi lebih mudah seperti mengukur jarak & kecepatan lari atau mengukur repetisi pada saat angkat beban.

Gerak terus

Kunci dalam menurunkan berat badan adalah terus bergerak dan dengan fitness tracker, Anda bisa memonitor seberapa lama Anda diam.

"Jaga pergerakan Anda pada apa yang disebut aktivitas fisik non-olahraga. Membuat diri Anda terus bergerak akan membantu mencapai tujuan Anda," kata pria yang biasa disapa Al melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id.

Perhatikan performa tubuh

Melakukan olahraga perlu memperhatikan kemampuan atau performa tubuh Anda. Memonitor seberapa bugar tubuh Anda penting agar Anda tahu kondisi tubuh ketika diajak untuk menurunkan berat badan. Dengan fitness tracker, Anda dapat mengetahui kapan Anda dalam performa yang tinggi untuk meningkatkan aktivitas olahraga atau kapan Anda perlu berhenti.

Tidur cukup

Menjaga pola tidur juga penting dalam program penurunan berat badan. Kurang tidur akan meningkatkan hormon yang membuat nafsu untuk ngemil bertambah. Selain itu, kurang tidur juga akan membuat tubuh kekurangan energi yang dapat memengaruhi rencana olahraga Anda.

"Pengukuran kualitas tidur yang didapat melalui fitur ini akan membantu program penurunan berat badan," ucp Al.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya