Daging Merah Ternyata Bisa Sebabkan Kanker

Sate daging
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Kurangnya pemahaman dan edukasi yang tepat mengenai penyakit kanker, membuat masyarakat masih diselimuti oleh mitos-mitos yang secara medis belum terbukti kebenarannya.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Mitos-mitos yang beredar di antaranya, bahwa penggunaan MSG bisa menyebabkan kanker. Informasi keliru lainnya, yang juga sering disebut menyebabkan kanker, ialah ketika tanpa sengaja memakan serpihan arang pada saat membakar daging.

Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo, Sp PD-KHOM selaku Ketua YKI dan Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia, menegaskan bahwa hal tersebut adalah keliru dan tidak benar. Aru menjelaskan, pemicu kanker bukanlah arang, melainkan daging merah yang dipanaskan pada suhu tertentu.

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

"Daging (sapi) merah kalau dipanggang jadi arang, artinya dipanasi suhu tinggi dan menghasilkan zat kimia heterocyclic amines yang bisa memicu kanker," kata Aru kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Sementara itu, daging lainnya, seperti daging ayam dan ikan yang dipanaskan pada suhu tertentu, sejauh ini cukup aman dan belum terbukti memicu kanker. Dan, untuk daging merah yang dimasak dengan cara lain, seperti direbus, juga tidak ada kaitan langsung dengan kanker.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

"Yang perlu diperhatikan itu cara memasak, waktu dan suhu," kata Aru menambahkan.

Selain itu, Aru kembali memperingatkan, bukan hanya daging merah saja yang bisa menjadi pemicu, daging lainnya juga bisa menjadi pemicu ketika dibuat daging olahan.

"Jadi, daging yang diolah sosis ayam, ham, pun juga berisiko (kanker)," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya