Bawa Ponsel ke Toilet, Risiko Kontaminasi Bakteri

Ilustrasi ponsel.
Sumber :
  • Pixbay/helloolly

VIVA.co.id – Sebagian besar orang akan membawa ponselnya bahkan ketika masuk ke toilet. Ponsel kini memang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, mulai dari penyimpan kontak, album foto, hingga sebagai koran.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Dengan kemajuan teknologi digital, membaca koran atau majalah ketika buang air, tergantikan dengan ponsel. Tapi, bagi Anda yang selalu membawa benda kecil ini ke toilet, sebaiknya pertimbangkan lagi.

Karena, dilansir laman Times of India, ketika Anda membawa ponsel saat menyelesaikan urusan Anda di kamar kecil, Anda akan membuatnya terpapar banyak sekali kuman dan bakteri seperti salmonella.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Sejumlah ahli higienitas juga mengungkapkan keprihatinan mereka akan banyak generasi milenial yang bahkan membawa tablet PC mereka ketika buang air. Mereka mengatakan, ketika Anda membersihkan bokong Anda dengan tangan, sementara masih menggenggam ponsel secara bergantian, kuman dan bakteri masih tetap menempel.

Mencuci tangan pun akan menjadi hal sia-sia yang Anda lakukan. Ini karena bakteri yang menempel akan berpindah lagi ke tangan Anda.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya

Tingkat kontaminasinya pun lebih parah dari toilet umum, sehingga meningkatkan kekhawatiran di kalangan pekerja. Saat Anda menggunakan toilet yang digunakan banyak orang, seperti di kantor, restoran, atau hotel, Anda akan terpapar banyak sekali jenis bakteri berbeda.

Tidak hanya ponsel, sejumlah ahli mengatakan, benda-benda seperti sikat gigi dan handuk, juga bisa menjadi sarang perkembangbiakan bakteri jika Anda menaruhnya dekat dengan dudukan toilet.

Meski demikian, peluang bakteri berkembang biak pada ponsel Anda lebih tinggi dibanding benda-benda itu. Karena, ketika digunakan ponsel akan menjadi panas dan akibatnya bisa memberikan lingkungan yang hangat bagi bakteri untuk bertahan hidup dan berkembang.

Sementara, ponsel yang sama juga Anda bawa saat makan. Ketika Anda makan, Anda juga memberikan bakteri di ponsel minyak yang kondusif yang menempel pada tangan Anda setelah makan dan menempel pada ponsel lewat tangan Anda.

Solusi terbaiknya adalah, daripada membawa ponsel, sebaiknya Anda kembali membawa koran atau majalah saja. Koran dan majalah lebih higienis karena Anda tidak menggunakan lagi benda ini dan diabaikan setelahnya.

Atau, akan lebih baik jika Anda tidak usah membawa apapun dari luar. Menghabiskan beberapa menit tanpa apapun bisa lebih menguntungkan. (mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya