Terapi Sel Punca, Cara Atasi Penyakit Degeneratif

Tes gula darah penderita diabetes
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Semakin bertambahnya usia seseorang diperkirakan membuat kondisi sel-sel dalam tubuh akan semakin menurun. Kondisi tersebut dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap beberapa penyakit, seperti penyakit degeneratif. 

Prof Deby Vinski Jadikan Indonesia Pusat Wisata Kesehatan, Kemajuan Stem Cell Makin Dilirik

Dr. Deby Vinski, MScAA, PhD, yang juga menjabat sebagai Presiden World Council of Preventive, Regenerative and Anti-Aging Medicine mengatakan, penyakit degeneratif mengiringi proses penuaan, tapi saat ini banyak sekali orang muda juga berisiko mengalaminya.

Namun, kemajuan teknologi kedokteran saat ini membuat penyakit degeneratif bisa diatasi dalam beberapa perawatan pelengkap atau  disebut Degenerative Medicine. Salah satunya Advanced Stem Cell.

Cara Jusuf Kalla Investasi Kesehatan untuk Cucu

“Perawatan ini terdiri dari berbagai macam, salah satunya adalah yang disebut sebagai Advanced Stem Cell atau terapi sel punca. Dengan tindakan ini penyakit ini bisa langsung diobati ke intinya," ujar Deby  kepada VIVA.co.id, Jumat malam, 25 Agustus 2017.

Dia menuturkan, sel punca dapat memiliki efektifitas tinggi. Advanced Stem Cell memiliki cara kerja, yakni dengan memperbaiki bagian sel yang mengalami proses degeneratif dan digantikan dengan sel baru.

VIDEO: Lagi, Klinik Kencantikan 'Suntik Serum' Ilegal Digerebek Polisi

Sel punca bisa diambil dari bagian tubuh, seperti sumsum tulang belakang, darah, bahkan kulit. Perawatan menggunakan Advanced Stem Cell bukan hanya ampuh untuk mengobati penyakit degeneratif, melainkan juga bermanfaat untuk pencegahan. "Dengan perawatan ini, kita tidak hanya bisa mengobati penyakit tapi juga untuk pencegahan,” ujar Deby.

Hasil tes HIV.

Ada 3 Orang di Dunia yang Dinyatakan Sembuh dari HIV

Pria berusia 53 tahun, yang dikenal oleh para ilmuwan sebagai Pasien Dusseldorf, adalah orang ketiga yang dinyatakan 'bersih' dari virus penyebab AIDS, yaitu HIV.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2023