Pakai Pantyliner Tiap Hari Bisa Bikin Keputihan

Pantyliners
Sumber :

VIVA.co.id – Untuk menjaga organ intim tetap kering dan terjaga  banyak wanita memilih menggunakan pentyliner. Hal tersebut sesungguhnya tidaklah salah hanya saja pemakaiannya harus diperhatikan.

Doyan dan Hobi Masturbasi? Ternyata Bisa Bantu Cegah Kanker

Dr. Anggraeni Noviandini, Spesialis Kulit dan Kelamin, mengatakan, memakai pentyliner terlalu sering ternyata dapat menyebabkan keputihan. Itu lantaran kelembaban alami pada vagina akan hilang.

Tidak hanya itu, memakai pantyliner yang terlalu lama juga dapat membuat tumbuhnya jamur atau bakteri. Ini bisa menjadi ancaman bagi kesehatan organ intim Anda.

Ratus Vagina Bisa Bikin Miss V Rapat? Begini Kata Dokter Boyke

"Pada dasarnya pantyliner sebenarnya bukanlah biang masalah pada organ kewanitaan, tapi sebaiknya tidak dipakai setiap hari, apalagi dalam waktu yang lama.

Sebab dapat menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri (kuman) yang berujung pada keputihan," ujar Anggraeni kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 4 September 2017.

Mainan Seks Sepanjang 10 Cm Nyangkut di Organ Intim Wanita, Dokter Sampai Syok!

Dia menuturkan bahwa tidak hanya keputihan, memakai pantyliner terlalu sering juga bisa menimbulkan rasa gatal dan mengurangi wangi alami dari organ intim.

Bila sudah terjadi hal demikian sebaiknya tidak boleh dianggap sepele, karena bukan tidak mungkin dapat menjadi lebih serius dan menjalar ke rahim.

Untuk itu, Anggraeni menyarankan bahwa pakailah pantyliner bila dibutuhkan, seperti sebelum menstruasi dan setelah menstruasi. Sebab saat momen tersebut biasanya kadar hormonal wanita akan tidak sempurna.

"Ya saya sarankan kalau mau pakai pantyliner sebaiknya menjelang menstruasi atau sesudahnya. Sebab biasanya hormonalnya naik turun, dan usahakan pada saat itu gantilah setiap 2-3 jam sekali,"  ucap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya