Ketahui Indikasi Ancaman Serius Organ Intim Wanita

keputihan
Sumber :

VIVA.co.id – Vagina merupakan organ intim wanita yang harus dijaga kebersihannya. Kendati demikian, kemajuan zaman dan perubahan gaya hidup membuat kaum Hawa bisa abai memperhatikan kesehatan organ intim. 

Wanita, Yuk Perhatikan Keputihan Abnormal: Gejala, Penyebab, dan Perawatan

Namun perlu diketahui bahwa para wanita muda yang tak merawat organ intim akan bisa berefek panjang bagi kesuburan. Menurut dr. Anggraeni Noviandini, SpKK dari NMW Skin Care, ada beberapa penyakit kelamin yang sering mengancam alat reproduksi wanita.

Beberapa di antaranya diawali dengan keputihan yang biasanya pernah dialami wanita. Kondisi keputihan, ada yang normal dan ada yang sudah level menjadi penyakit. 

Kenali 5 Gejala Umum Kanker Serviks

Jika normal, keputihan yang berupa lendir tidak gatal dan tidak berbau. Namun jika sudah mengalami keduanya maka perlu pengobatan.

"Keputihan merupakan salah satu jenis penyakit  yang paling banyak dan umum dialami wanita muda. Meski ini tampak wajar namun perlu diperhatikan indikasinya karena itu bisa jadi menjadi suatu pertanda bahwa ada yang penyakit yang lebih serius," ujar dr. Anggraeni Noviandini, SpKK kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 4 September 2017.

Keputihan Bau Amis Ikan Asin, Hati-Hati Bisa Jadi Pertanda Kutil Kelamin

Dia menuturkan bahwa penyakit lain juga menjadi ancaman seperti penyakit kandidiasis. Penyakit tersebut terjadi di kulit kelamin yang diakibatkan oleh jamur dengan gejala bercak-bercak putih mulai dari mulut vagina hingga leher rahim. 

Selanjutnya adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur. Penyakit tersebut  menimbulkan rasa gatal dan keluarnya cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal. Namun infeksi jamur ini dapat diatasi dengan krim anti jamur.

Kemudian ada juga HPV atau Human Papilloma Virus. Penyakit ini menyebabkan kutil pada area alat kelamin dan bila tidak ditangani serius bisa menyebabkan kanker serviks.

"Infeksi jamur sering menyerang para wanita dan ini harus diperhatikan baik dalam memilih celana dan penggunaan pantyliner. Selain itu, kutil pada alat kelamin juga sering terjadi pada wanita yang disebabkan dari virus HPV," tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya