Bahayakah Pakai Krim Pemutih di Dekat Organ Intim?

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pexels/Adrianna Calvo

VIVA.co.id – Beberapa orang, khususnya wanita, sering mengalami daerah lipatan seperti selangkangan berwarna gelap. Sebenarnya, itu merupakan hal wajar karena bagian kulit tersebut sangat tipis sehingga mudah menggelap.

Mainan Seks Sepanjang 10 Cm Nyangkut di Organ Intim Wanita, Dokter Sampai Syok!

Tidak hanya itu, bagian lipatan yang gelap biasanya juga disebabkan karena adanya gesekan dan hormon yang tidak seimbang. Karena itu, wanita banyak melakukan berbagai cara demi memiliki bagian lipatan kulit yang bersih dan cerah.

Menurut ahli kulit, dr Anggraeni Noviandini, SpKK, untuk mencerahkan bagian lipatan selangkangan bisa dengan memberi krim pemutih atau pencerah. Dia menuturkan, sebenarnya memakai krim pencerah selangkangan juga tidak berbahaya asalkan diterapkan sesuai anjuran.

5 Tips Jaga Kesehatan dan Kebersihan Organ Intim, Yuk Terapkan Ladies

Kendati demikian, harus berhati-hati dalam pemakaiannya karena krim pemutih atau pencerah selangkangan yang mengenai organ intim dalam jangka panjang memiliki potensi membuat wanita sulit hamil karena adanya zat kimia di dalamnya. Selain itu, hindari menggunakan krim pemutih selangkangan yang dijual di pasaran.

"Pilihlah produk dari tempat terpercaya dan memiliki izin dokter dan hindari mengenai bagian miss V karena khawatir kandungan kimia memengaruhi kesuburan wanita," ujar dia kepada VIVA.co.id, belum lama ini.

6 Tipe Selaput Dara Wajib Diketahui, Sering Salah Dianggap Tanda Perawan

Spesialis kulit dari NMW Skin Care ini menambahkan, produk pemutih atau pencerah selangkangan sebaiknya digunakan ketika minim melakukan aktivitas. Anda bisa memakainya pada malam hari atau menjelang tidur.

"Sebab bila dipakai saat beraktivitas akan membuat miss V menjadi lembap dan tidak akan bekerja dengan baik," ujar dr Anggraeni.

ilustrasi organ intim/vagina.

Ratus Vagina Bisa Bikin Miss V Rapat? Begini Kata Dokter Boyke

Pernah mendengar istilah ratus vagina ketika pergi ke salon kecantikan atau spa? Ya, ratus menjadi salah satu treatment atau perawatan yang umum dilakukan oleh wanita.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2023