Perkenalkan, Tablet Kumis Kucing Buatan IPB

Ilustrasi Tablet Effervescent
Sumber :
  • Pixabay/Publicdoaminpictures

VIVA.co.id – Kumis kucing merupakan salah satu jenis tanaman obat yang dapat dimanfaatkan sebagai minuman fungsional. Tanaman ini dikenal mempunyai potensi beragam kemampuan fisiologis aktif dan cita rasa yang mudah berpadu dengan bahan lain.

Kumis Kucing, Cara Alami Menurunkan Kadar Asam Urat

Prof. Dr. C. Hanny Wijaya, M.Agr., peneliti dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor mengatakan, tanaman kumis kucing merupakan herbal yang telah dikenal lama berkhasiat bagi kesehatan sebagai diuretik. Selain itu kumis kucing juga kaya akan antioksidan.

Karenanya, ia melakukan pengembangan produk tablet effervescent (tablet cepat larut) berbahan dasar kumis kucing. Penelitian tersebut dilakukan untuk mendapatkan formula tablet effervescent  yang memiliki warna dan citarasa serta memiliki aktivitas antioksidan yang setara atau lebih tinggi dibandingkan dengan produk minuman fungsional tradisional komersil lainnya.
 
“Effervescent merupakan bentuk sediaan yang menghasilkan gelembung gas sebagai hasil reaksi kimia dalam larutan. Gas yang dihasilkan umumnya adalah karbondioksida meskipun pada beberapa formulasi, gas yang dihasilkan adalah oksigen,” ujarnya dilansir dari rilis yang diterima VIVA.co.id Selasa 6 September 2017.

Khasiat Minuman Kumis Kucing Bagi Penderita Diabetes

Selain kumis kucing sebagai bahan utama, tablet ini juga dilengkapi dengan ekstrak kayu secang, jahe dan temulawak. Ekstrak kayu secang dibuat dengan cara merebusnya di air mendidih bersama ekstrak kumis kucing selama 10 – 15 menit.

Sedangkan ekstrak jahe dan temulawak dibuat dengan cara mengambil sarinya. Ekstrak cair yang diperoleh dicampur dengan bahan pengisi maltodekstrin dan dikeringkan dengan alat pengering vakum. Setelah itu dilakukan formulasi dan diuji organoleptiknya menggunakan metode hedonik  dengan parameter citarasa dan warna. Formula yang terpilih atau yang lebih disukai oleh panelis dianalisis aktivitas antioksidannya dengan menggunakan metode DPPH.
 
”Aktivitas antioksidan formula effervescent ini lebih banyak diperoleh dari sifat antioksidan ekstrak kumis kucing yang merupakan komponen utama formula,” ujarnya.
 
Aktivitas antioksidan formula A5 ini tidak kalah dibandingkan dengan minuman komersil yang beredar di masyarakat. Selain itu produk effervescent formula A5 ini juga memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi 4 kali dibandingkan formula minuman cair berbasis kumis kucing.
 
”Formulasi ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan tentang formulasi minuman fungsional effervescent berbasis rempah, khususnya tanaman kumis kucing, sebagai upaya pemanfaatan rempah-rempah Indonesia,” tuturnya.

Manfaat Kumis Kucing dan Cara Mengolahnya
Kumis kucing.

Khasiat Mengagumkan Daun Kumis Kucing

Kumis kucing dikenal sebagai tanaman obat yang manjur dan mujarab.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2018