30 Persen Penderita Lupus Berpotensi Alami Gagal Ginjal

Selena Gomez didiagnosis derita penyakit lupus sejak 2013.
Sumber :
  • instagram.com/selenagomez

VIVA.co.id – Penyanyi sekaligus aktris Selena Gomez bercerita melalui akun Instagram pribadinya, Kamis, 14 September 2017, bahwa ia melakukan transplantasi ginjal beberapa waktu lalu akibat lupus yang ia derita. Inilah yang jadi penyebab mengapa pelantun Fetish ini tidak begitu aktif seperti dulu kala.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

"Ternyata aku harus melakukan transplantasi ginjal akibat lupus dan menjalani perawatan. Itu yang aku butuhkan untuk kesehatanku," tulisnya.

Lantas, bagaimana sebenarnya hubungan lupus dengan ginjal? Mengapa transplantasi ginjal dibutuhkan?

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Dikutip dari laman Live Science, Jumat, 15 September 2017, lupus adalah sebuah gangguan autoimun. Dengan kondisi ini, sistem imun atau kekebalan tubuh yang seharusnya memerangi 'penjahat' dalam tubuh justru berbalik menyerang tubuh. Hal ini mengakibatkan kerusakan di beberapa bagian tubuh seperti sendi, kulit, ginjal, jantung dan paru-paru.

Menurut National Health Institute (NIH) Amerika Serikat, kerusakan pada ginjal adalah masalah kesehatan yang umum dialami oleh penderita lupus. Hampir separuh orang dewasa dan 80 persen anak yang menderita lupus mengalami gangguan pada ginjal.

Angka Kasus Penyakit Ginjal Makin Meningkat, Sedot Dana BPJS Hingga Rp2,9 T

Pada ginjal, menurut National Kidney Foundation, lupus dapat menyebabkan pembengkakan dan luka pada pembuluh darah kecil (glomeruli). Pembuluh yang menyaring 'sampah' dalam darah.

Penderita lupus yang mengalami inflamasi pada ginjal diberikan obat-obatan untuk meningkatkan sistem imun. Obat ini biasanya baik untuk menangani inflamasi, namun menurut NIH, sekitar 30 persen penderita lupus yang mengalami inflamasi pada ginjal juga berpotensi mengalami gagal ginjal.

Gagal ginjal artinya ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Dalam sebuah tinjauan ilmiah tahun 2005 mengenai transplantasi ginjal penderita lupus nephritis disebutkan bahwa hampir semua pasien dengan gagal ginjal akibat lupus dianggap memenuhi syarat untuk melakukan transplantasi ginjal.

Mereka yang melakukan transplantasi ini harus mengonsumsi obat seumur hidup agar tubuh dapat menerima kehadiran organ baru. Namun, obat ini tidak jauh berbeda dengan obat-obatan yang digunakan untuk menangani lupus.

Diketahui kekasih The Weeknd ini didiagnosis menderita lupus pada 2013 silam. Gomez pertama kali buka suara mengenai penyakit yang dideritanya pada 2015 lalu dalam wawancara bersama Billboard.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya