Kanker Anak Bisa Disembuhkan Asal Ditemukan Stadium Awal

Peduli Kanker Anak
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Permatasari

VIVA.co.id – Kanker pada anak-anak sama membahayakan dengan kanker pada dewasa. Hanya saja, penanganan kanker pada anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa. Sayangnya, kesadaran akan penyakit yang bisa menyerang anak-anak manapun ini masih sangat minim.

Didiagnosis Kanker Pasca Operasi, Kate Middleton Jalani Kemoterapi

Ini pula yang menyebabkan sebagian besar kasus kanker pada anak datang dalam keadaan yang lanjut. Menurut konsultan kanker anak RS Dharmais, dr. Edi S. Tehuteru, SpA(K), MHA, berdasarkan data registry di RS Dharmais, angka kanker anak terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

"Ada tiga fakta menarik dari kanker anak. Pertama, kita tidak tahu apa penyebabnya. Kedua, kita tidak bisa mencegahnya, dan dari sekian banyak jenis kanker yang ada hanya satu yang bisa dideteksi," ujar Edi kepada VIVA.co.id.

Akupunktur Sebagai Pengobatan Paliatif Kanker

Artinya, perlu adanya kewaspadaan dari orangtua akan gejala kanker. Orangtua harus bisa mengetahui gejala kanker pada anak, sehingga mereka bisa segera mengenali kemudian segera membawa ke rumah sakit.

Edi menambahkan, curiga sangat diperlukan, karena itu lebih baik daripada datang sudah dalam keadaan terlambat. Dan, belum tentu juga kecurigaan itu benar adalah kanker.

Vidi Aldiano Jalani Pengobatan Kanker Intensif, Terasa Ringan karena Kehadiran Sheila Dara

"Kalaupun itu kanker kita juga masih bersyukur, artinya masih awal. Itu kuncinya, untuk ditemukan pada stadium awal supaya bisa sembuh. Kanker bukan artinya tidak bisa sembuh, bisa sembuh dengan catatan ditemukan saat kondisinya masih awal," ujarnya. (asp)

Kate Middleton umumkan idap kanker

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Operasi saya berhasil. Namun tes pasca operasi menunjukkan adanya kanker. Oleh karena itu, tim medis menyarankan agar saya menjalani kemoterapi preventif," kata Kate.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024