Terungkap, Negara Paling Tidak Sehat di Dunia

Suasana Kota Republik Ceko
Sumber :
  • Pixabay/ evalangrova

VIVA.co.id – Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Clinic Compare, diketahui bahwa Republik Ceko merupakan negara dengan tingkat kesehatan terendah di dunia.

Dukung Revolusi 4.0, Dunia Kesehatan Mulai Gunakan Artificial Intelligence

Perbandingan di situs klinik ini mengumpulkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan menganalisa konsumsi alkohol, tembakau, dan prevalensi obesitas dari 179 negara di dunia, demikian dilansir laman The Independent.

Inggris menempati urutan ke-19 dalam daftar tersebut dengan warganya yang menempati urutan ke-9 sebagai peminum alkohol paling tinggi di dunia.

Republik Ceko Kirim Delegasinya ke Taiwan, China Marah

Menurut riset tersebut, warga Republik Ceko diketahui yang paling parah sebagai penikmat alkohol paling tinggi di dunia. Satu orang dilaporkan bisa mengonsumsi 13,7 liter alkohol per tahun, yang sama artinya dengan 550 botol atau 1,5 botol per hari.

Dalam daftar tersebut, Rusia menempati urutan kedua, diikuti oleh Slovenia, Belarusia, Slovakia, dan Hungaria.

Kiper Klub Republik Ceko Tak Sabar Perkuat Timnas Vietnam

Sementara Eropa Timur muncul sebagai wilayah paling tidak sehat di dunia, yang menempati 9 dari 10 daftar teratas. Satu pengecualian ada pada negara Amerika Serikat, yang menempati urutan ke-10 bersama dengan Lithuania.

Sedangkan negara yang wilayahnya memiliki warga tergemuk adalah Oceania, di mana 41 persen dari populasinya di Samoa memiliki Indeks Massa Tubuh lebih dari 30. Sementara Fiji, Tonga, Tuvalu, Kiribati juga menempati daftar 10 teratas untuk tingkat obesitas.

Negara yang muncul sebagai negara tersehat adalah Afghanistan, yang memiliki tingkat obesitas terendah kedua di dunia. Hanya 2,7 persen saja dari penduduknya yang memilli Indeks Massa Tubuh lebih dari 30.

Selain itu, penduduknya yang merokok hanya menghabiskan 83 rokok per tahun dan tingkat konsumsi alkoholnya juga rendah. Hukum negara yang melarang konsumsi dan memiliki alkohol diduga berkaitan dengan angka ini.

Selain Afghanistan, Guinea disebut menempati urutan kedua negara tersehat, diikuti oleh Niger dan Nepal. Tidak ada satu pun dari negara ini yang menyaingi budaya minum di negara-negara Eropa Timur. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya