Waspada Batuk Membandel Tanda Si Kecil Asma

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Batuk menjadi salah satu penyakit yang paling umum menimpa kelompok anak-anak. Tapi, batuk juga seringkali disepelekan. Padahal, batuk membandel bisa jadi tanda asma pada si kecil.

Warganet Terasa Berdebar dan Lemas Habis Konsumsi Salbutamol, Begini Penjelasannya

Asma merupakan penyakit peradangan atau inflamasi yang sudah kronik. Kondisi peradangan itu memicu saluran napas menjadi hiper responsif terhadap beberapa rangsangan.

"Pencetusnya bisa karena ada alergi pada debu, bulu binatang, kutu rumah, atau polusi udara. Sehingga saluran napas menjadi rentan dan sensitif, lalu membengkak," ujar spesialis anak, dr. Wahyuni Indawati SpA(K), Dalam MoU Kemenkes RI dan AstraZeneca Indonesia serta Peluncuran Healthy Lung, di Kemenkes RI, Jakarta, Selasa, 26 September 2017.

Wamenkes Dante Ungkap 4 Biang Kerok Penyebab Polusi Udara

Saluran napas yang membengkak, lanjut Wahyuni, memicu sesak napas. Tidak hanya itu, kondisi tersebut juga memicu batuk membandel pada anak. Artinya, batuk terus-menerus terjadi dan berulang tanpa ada tanda akan mereda.

"Batuk yang membandel, di mana timbul secara berulang dan lama sembuhnya yaitu lebih dari dua minggu. Biasanya, batuk membandel munculnya setelah ada pencetus dari alergi anak itu," kata Wahyuni.

Polusi Udara Sebabkan ISPA, Asma hingga Penyakit Paru Obstruksi Kronis, Kata Menteri Kesehatan

Selain itu, batuk membandel tersebut juga disertai mengi (bengek) yang juga terjadi cukup lama. Tidak jarang, serangan asma juga memburuk di saat malam hari tiba.

"Biasanya gejala ini timbul lebih parah di malam hari atau dini hari. Jika gejalanya makin sering atau memberat, maka disebut serangan asma," ujarnya

Ilustrasi paru-paru/rontgen/x-ray.

Tingkat Kematian Kanker Paru Tinggi, Dokter Ungkap Penyebab yang Sering Tak Disadari

Kanker paru masih menjadi salah satu penyebab kematian akibat kanker tertinggi di Indonesia. Data Kementerian Kesehatan mengungkapkan, setiap tahun ada sekitar 34 ribu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024