Tips Cegah Alzheimer Sejak Dini ala Mira Lesmana

Mira Lesmana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Penyakit alzheimer belum memiliki obat yang ampuh untuk menanganinya. Meski begitu, produser film Tanah Air, Mira Lesmana, memiliki trik khusus untuk mencegahnya sejak dini.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

Salah satu cara yang dilakukan Mirles, panggilan akrabnya, yaitu dengan mengisi teka-teki silang dan sudoku.

"Ibu saya almarhum usia 88 tahun punya memori sangat baik. Dia ingatkan saya terus untuk main TTS (Teka Teki Silang) biar ingatannya tetap baik. Sama selalu sedia sudoku," ujarnya dalam konferensi pers ‘Bulan Peduli Alzheimer 2017’ di Kawasan Semanggi, Jakarta, Sabtu 30 September 2017.

Hari Pertama Tayang, Film Petualangan Sherina 2 Raih Rekor Tertinggi di 2023

Hal ini bukan tanpa sebab. Sang produser film AADC itu memiliki pengalaman kurang menyenangkan terkait alzheimer. Ia menuturkan, alzheimer sempat memberi ketegangan pada keluarga.

"Mertua saya dua-duanya kena alzheimer. Kami belum tahu saat itu. Beliau sering marah tanpa sebab, sehingga memicu ketegangan di keluarga," kisahnya.

Sherina dan Sadam Kembali di Film Petualangan Sherina 2, Siap Bawa Nostalgia Mulai 28 Oktober

Saat itu, ia dan keluarganya akhirnya datang memeriksakan mertuanya pada dokter. Akhirnya, ia memahami bahwa itu adalah salah satu tanda gejala alzheimer yang seharusnya bisa dicegah sejak awal.

"Gejalanya sering halusinasi dan memicu kemarahan. Saya berharap, ke depannya masyarakat bisa lebih aware dengan gejala alzheimer dan mencegahnya sejak dini dengan pola hidup sehat. Bisa lewat TTS atau sudoku seperti saya," ujarnya seraya tertawa.

Petugas KPPS melakukan penghitungan suara/Ilustrasi.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Berikut adalah imbauan dan tips dari IDI sebagaimana disampaikan oleh Ketua Umum PB IDI, DR Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024