Menguak Nutrisi Santan dan Air Kelapa

Ilustrasi kelapa.
Sumber :
  • Pixabay/ shedreamsinpink

VIVA.co.id – Santan merupakan olahan dari daging buah kelapa yang memiliki banyak manfaat baik. Meski buah kelapa bermanfaat, olahan santan mengandung banyak lemak jahat yang berbahaya saat dikonsumsi berlebihan.

10 Bahan Pengganti Santan untuk Memasak, Lebih Lezat dan Sehat

Perlu dipahami, air kelapa dan santan memiliki kandungan yang berbeda jauh. Air kelapa lebih banyak memiliki kandungan air, yakni 95 persen didominasi air.

"Kalau santan sudah diolah menjadi campuran air yang ditambah ke parutan daging buah kelapa sehingga lemaknya lebih banyak," ujar Dokter Karin Wiradarma dari Klikdokter, kepada VIVA.co.id di kawasan Kuningan, Jakarta.

9 Manfaat Air Kelapa: Kelebihan di Setiap Tetesannya

Kandungan air asli pada buah kelapa memiliki elektrolit yang baik untuk kebutuhan tubuh. Berbeda dengan santan yang sudah minim elektrolit serta didominasi lemak.

"Lemak bukan berarti enggak boleh, kalau dikonsumsi dalam porsi normal sesuai kebutuhan, itu baik untuk tubuh," papar Karin.

Resep Herbal Ala dr Zaidul Akbar Atasi Kolesterol Tinggi Akibat Kebanyakan Makan Daging

Sayangnya, banyak yang malah mengonsumsi santan dalam jumlah berlebihan. Sehingga tidak sedikit yang malah memicu kegemukan.

"Konsumsi lemak disarankan 20 persen total kalori yang dimakan. Nah, ini dihitung lagi per berat badan masing-masing, enggak ada takaran pasnya," jelasnya. 

Ilustrasi air kelapa

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Air kelapa mengandung potasium, natrium, magnesium, dan kalsium, yaitu elektrolit yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan, fungsi otot dan sinyal saraf.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024