Tubuh Kurang Kalsium Berisiko Gagal Jantung Mendadak

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kadar kalsium rendah dalam darahnya, memiliki kemungkinan dua kali mengalami gagal jantung. Para peneliti telah bekerja intensif untuk memahami apa yang membuat seseorang berisiko tinggi mengalami gagal jantung, sebuah kondisi yang berakhir fatal pada 90 persen kejadian.

Kabar Terkini Pasien Transplantasi Jantung Babi, Sudah Berdiri dan Jalan-jalan

Temuan yang dipublikasikan di Mayo Clinic Proceeding dan dilansir laman The Independent itu menunjukkan kaitan yang mengejutkan antara kondisi itu dengan asupan kalsium.

Para peneliti di Amerika Serikat membandingkan kadar kalsium darah yang diukur dari 267 pasien yang mengalami gagal jantung dan tambahan 445 orang yang tidak. Hasil penelitian menemukan bahwa kadar kalsium rendah pada mereka yang mengalami gagal jantung mendadak.

Polusi Udara Masih Buruk Bisa Picu Penyakit Jantung, Dokter Ungkap Bahayanya

Pasien yang berada dalam kelompok dengan risiko tertinggi, memiliki kadar kalsium darah yang lebih rendah dari 8,95 miligram per desiliter, yang berada sedikit saja di dalam kisaran normal 8,5-10,2 miligram.

Selain itu, data penelitian tersebut juga menemukan bahwa pasien gagal jantung kemungkinan besar adalah warga Afrika-Amerika yang mengalami diabetes, penyakit paru obstruktif kronik, dan penyakit ginjal kronis.

Waspada Gagal Jantung, Kenali Cara Penanganan yang Tepat

Meski penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui apakah meningkatkan asupan kalsium benar-benar bisa mengurangi risiko serangan jantung yang tidak terduga, tapi temuan ini merupakan langkah lebih maju untuk memprediksi risiko. (ren)

Ilustrasi serangan jantung

Kondisinya Harus Terus Dimonitor, Pasien Gagal Jantung Kini Bisa Dipantau dari Jarak Jauh

Berdasarkan data European Society of Cardiology, 1 dari 5 orang di dunia memiliki risiko mengalami gagal jantung dan angka prevalensi ini meningkat seiring bertambah usia

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2024