Cara Enak dan Mudah Turunkan Kolesterol

Ilustrasi jantung.
Sumber :
  • Pixabay/sbtlneet

VIVA – Gaya hidup yang semakin modern, seringkali mengacu pada minimnya makanan sehat. Apalagi, pengolahan yang serbacepat, memberi dampak pada permasalahan tubuh, khususnya jantung.

Menjaga Kesehatan Jantung: Kunci untuk Hidup yang Lebih Panjang dan Lebih Sehat

Makanan menjadi faktor utama yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Terlebih, ada beberapa jenis makanan yang tidak seharusnya dikonsumsi jika rentan memiliki kolesterol tinggi.

"Kolesterol tinggi menjadi faktor pemicu masalah pada jantung. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari yaitu daging merah dan makanan gorengan," ujar spesialis jantung dan pembuluh darah, Prof. Dr. dr. Budhi Setianto, Sp.JP, dalam Temu Media Nutrive Benecoal: Gerakan Jantung Sehat-Indonesia Tangkal Kolesterol, di kawasan Senayan, Sabtu 21 Oktober 2017.

Lagi Emosi Makan Banyak, Hati-hati Jantungan

Disebutkan bahwa menurunkan kolesterol ternyata tidak membutuhkan cara yang sulit. Dalam acara bertajuk Cara Enak Turunkan Kolesterol itu, cukup dengan pengolahan yang tepat dapat menurunkan angka kolesterol tinggi.

"Jangan pakai minyak berulang, kunci menurunkan kolesterolnya adalah di pengolahan. Caranya biar makanan tetap enak tanpa digoreng, misal olive oil dioleskan di daging salmon lalu dipanggang," ujar Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vito A. Damay, Sp.JP(K), di kesempatan yang sama.

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Seminar Kardiologi Digelar Bahas Seputar Gangguan Jantung

Dengan begitu, rasa dari salmon tetap enak dan nikmat seperti halnya usai digoreng dengan minyak. Selain itu, Vito menganjurkan pembagian porsi makanan dalam piring makan.

"Di piring, setengahnya langsung isi pakai sayur lalu sekepal karbohidrat dan setelapak tangan lauk. Dengan serat yang cukup, membuat tubuh tetap kenyang dalam waktu lama sehingga menghindari pilihan makanan yang sembarangan dan dalam porsi banyak," ujar dr. Vito.

Ilustrasi detak jantung.

7 Hal Sederhana Namun Sering Diabaikan untuk Menjaga Jantung Tetap Sehat

Kesehatan jantung juga melibatkan aspek gaya hidup seperti pola makan yang sehat, olahraga teratur, manajemen stres, dan kebiasaan hidup lainnya dapat memengaruhi risiko.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024