Alasan Mengapa Stres Bisa Picu Kolesterol Tinggi

Ilustrasi stres.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Stres seringkali dikaitkan sebagai pemicu berbagai penyakit. Bahkan, kolesterol tinggi disebut-sebut juga disebabkan karena stres.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Saat dilanda beban hidup, stres biasanya mulai dirasakan oleh individu. Manajemen yang buruk akan penanganan stres ini, membuat asupan makanan menjadi kurang terkontrol.

"Stres yang dikaitkan dengan kolesterol tinggi, sebenarnya lebih mengacu pada manajemen stresnya. Biasa saat stres, orang cenderung begadang dan malah minum kopi ditemani gorengan," ujar Spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vito A. Damay, Sp.JP(K), kepada VIVA.co.id ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Gorengan yang tinggi akan lemak jenuh tersebut, bisa menumpuk di peredaran darah. Vito berujar, kebiasaan untuk mengatasi stres ini yang memicu kesehatan tubuh semakin menurun.

"Olahraga yang semakin minim karena capek begadang akibat stres kemarin, membuat tubuh sedikit bergerak dan memicu kolesterol semakin menumpuk," jelasnya.

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Vito menyarankan agar adanya manajemen stres secara positif yang ditangani melalui rajin berolahraga serta makan-makanan sehat dan terkontrol. Tak hanya itu, rutin melakukan cek kesehatan untuk mengetahui kondisi kolesterol tubuh juga penting dilakukan.

"Rajin cek kolesterol secara lengkap, untuk lihat angka kolesterol jahat. Selain itu, yang jelas menjaga diet secara seimbang dengan konsultasi ke dokter. Karena, ada yang kolesterolnya tinggi bisa diturunkan dengan memperbaiki gaya hidup saja," jelasnya.

Gedung Bank Indonesia (BI).

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

 Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, hasil stress test BI menunjukkan bahwa ketahanan perbankan dan korporasi saat ini.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024