Pentingnya Skrining Gula Darah Sejak Usia 30 Tahun

Ilustrasi diabetes/gula darah.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Diabetes menjadi salah satu penyakit tidak menular yang terus mengalami peningkatan jumlah penderita. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menyadari penyakit ini bersarang di tubuhnya.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Akibatnya, banyak pasien yang datang ketika sudah terjadi komplikasi penyakit lain yang mengancam jiwa.

Cara terbaik untuk menghindari penyakit ini adalah dengan melakukan pencegahan. Salah satunya adalah melakukan evaluasi yang dimulai sejak usia 30 tahun dengan skrining gula darah.

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

"Kemudian atur asupan makanan. Prinsipnya adalah kebutuhan kalori kita dua ribu kalori sehari, cukupilah dengan variasi makanan," ujar dr. Wendri Pelupessy saat ditemui VIVA di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan.

Wendri menambahkan, sebenarnya tidak ada larangan makanan tertentu untuk diabetes, namun yang terpenting adalah bisa mengatur asupannya. Selain itu, imbangi dengan olahraga. Tidak harus dengan pergi ke pusat kebugaran, tapi intinya adalah meningkatkan aktivitas fisik.

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

"Kalau misalnya biasa berjalan kaki 1 km, bisa ditambah menjadi 2 km," tuturnya.

Di samping itu, perlu untuk mengonsumsi suplemen antioksidan. Secara alamiah, antioksidan ini bisa didapatkan di antaranya dari kayu manis, buah beri, dan teh hijau.

Ilustrasi obat suntik diabetes

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Puasa adalah salah satu praktik keagamaan yang dijalankan oleh jutaan orang di seluruh dunia, termasuk mereka yang menderita diabetes supaya tahan seharian.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024