Jangan Salah, Ini Cara Menyikat Gigi agar Tak Mudah Rapuh

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyak orang menggosok gigi dengan cara yang kurang tepat. Padahal, salah sedikit menggosok gigi, kuman yang menempel pada sela-sela berpotensi membentuk lubang dan karang gigi.

Fakta Mengejutkan di Balik Tutup Sikat Gigi

Menggosok gigi haruslah dilakukan dengan satu arah. Anda bisa memulainya dengan membaginya menjadi tiga bagian.

“Sikat gigi yang paling efektif itu haruslah satu arah. Selalu arahnya dari gusi ke gigi. Akan tetapi sebaiknya kita membaginya menjadi tiga bagian,” ujar drg. Noor Rimawati, MDSc., Sp.Perio dari The Clinic Beautylosophy Tebet kepada VIVA.

Sudahkah Sikat Gigi Anda Bersih dari Kuman?

Dia  menuturkan, awali menggosok pada bagian atas gigi di bagian luar dengan arah yang tepat. Selanjutnya, sikat setiap bagian gigi pada bagian gigi yang biasa dipakai untuk mengunyah.

Setelah itu, sikat pada bagian dalam gigi dengan baik dan benar. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan, pegang sikat gigi dalam posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu sikat dengan gerakan melingkar dari tepi gusi sampai atas gigi.

Sebelum Digunakan, Ini Cara Steril Bersihkan Sikat Gigi

Lalu, pada bagian bawah gigi tidak jauh berbeda dengan bagian atas. Hanya saja, jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu memberi tekanan pada gigi, karena ini akan menyakitkan gigi dan gusi.

“Pokoknya perlu diingat, menyikat gigi itu harus selalu dari arah gusi ke gigi. Sebab kalau tidak tepat akan membuat gusi dan tulang yang menyangga gigi cepat rusak, sehingga membuat gigi rapuh,” ucap dia.

Sikat gigi pakai pasta gigi

Perlukah Membasahi Sikat Gigi Dengan Air?

Banyak orang membasahi sikat gigi sebelum mengoleskan odol.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2018