Waspada Gejala Batu Empedu Sama Seperti Maag

Ilustrasi sistem pencernaan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Batu empedu adalah batuan kecil yang berasal dari kolesterol, dan terbentuk di saluran empedu manusia. Pada hampir sebagian besar kasus, batu empedu ini tidak akan menimbulkan gejala apapun. Namun terkadang batu ini akan menyumbat bagian ujung empedu sehingga akan memicu rasa sakit mendadak yang cukup hebat.

Bukan Sakit Maag, Nyeri di Ulu Hati Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung, Begini Cara Bedakannya

"Kantong empedu bisa menghasilkan batu empedu, paling sering disebabkan oleh kolesterol, makanya tidak disarankan makan-makanan mengandung kolesterol," kata Spesialis Penyakit Dalam dr Wismandari Wisnu saat tampil di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Senin. 11 Desember 2017.

Dijelaskan olehnya, batu yang bisa muncul di kantung empedu terbuat dari kolesterol 80 persen, ada juga yang terbuat dari kalsium, juga pigmen bilirubin.

Gak Dipenjara karena Sakit Lambung, Lina Mukherjee Isyaratkan Diintimidasi Seseorang

"Penyebab lainnya, bisa juga karena infeksi. Contohnya, angka tifus di Indonesia tinggi, dan tifus yang berulang-ulang bisa jadi penyebab timbulnya batu empedu."

Yang perlu diwaspadai, dr Wismandari mengatakan, gejala batu empedu terkadang sama dengan gejala sakit maag. Untuk itu, perlu diwaspadai, jika gejala maag timbul perlu juga dicurigai adanya batu empedu.

Ternyata, Sakit Gigi Hingga Nyeri di Ulu Hati Bisa Jadi Pertanda Penyakit Jantung

"Keluhannya sama kayak maag, mual, muntah, tapi sakitnya lebih melebar sampai ke punggung. Yang bahaya gejalanya tanggung, kaya mual-mual muntah biasa. Maka dari itu saat gejala seperti ini timbul adalah keluhan perut, segera USG," katanya.

Ilustrasi sakit Maag.

Catat, Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Maag

Maag merupakan kondisi peradangan atau iritasi pada lambung yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam lambung yang berlebih.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023