Hati-hati, Depresi Picu Wasir

Ilustrasi marah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Wasir atau hemoroid adalah pembengkakan yang berisi pembuluh darah yang membesar. Pembuluh darah yang terkena wasir berada di dalam atau di sekitar bokong, yaitu di dalam rektum atau di dalam anus. Masalah kesehatan ini seringkali dialami.

Penggunaan Laser dan Radiofrekuensi dalam Terapi Wasir Dapat Pengakuan

Spesialis Penyakit Dalam, Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB saat tampil di acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis, 14 Desember 2017 menjelaskan bahwa banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya wasir. Salah satunya, karena sering susah buang air besar (BAB), kurang minum, hingga kurang serat. Namun ada lagi hal yang mengejutkan menjadi penyebab wasir, yaitu, depresi.

"Ya, depresi juga bikin wasir. Sebab, orang-orang yang depresi biasanya susah buang air besar. Hati-hati, lama-ama bisa wasir, ini karena ususnya malas bekerja," kata dr Ari.

Wasir Mengganggu? Segera Atasi dengan Penanganan yang Tepat

Seperti diketahui, tanpa disadari, stres atau bahkan depresi menjadi salah satu faktor penyebab wasir. Ini, karena  pada waktu stres dan kecemasan (anxiety) akan berakibat pada cara kerja dari organ pencernaan yaitu menekan refleks gastrocolik yaitu gerakan di luar sadar yang memicu saluran usus bawah untuk melakukan gerakan mengeluarkan tinja (bowel movement) yang hasilnya seseorang akan mengalami sembelit.

Ilustrasi gaya hidup sedentari/sakit pinggang/wasir.

Wasir atau Ambien Menghambat Ibadah di Bulan Puasa? Ini Jawabannya

Saat menjalani puasa, pola makan dan aktivitas seseorang biasanya mengalami perubahan, disertai dengan kurangnya asupan cairan, yang kemudian dapat menyebabkan sembelit.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024