Hamil Tak Suka Susu, Cukupi Kalsium dengan Makanan Ini

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Susu merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Terlebih pada ibu hamil, kalsium menjadi nutrisi mutlak sebagai asupan untuk dirinya dan janin dalam kandungan.

Siap Hamil? Pastikan Anda Berada Dalam Kondisi Ini

Kebutuhan kalsium pada ibu hamil dalam kisaran 1000 mg per hari. Untuk mencukupinya, dapat dengan mengonsumsi susu yang dikenal kaya kalsium.

"Satu cangkir susu rendah lemak mencakup 600 miligram kalsium agar kepadatan tulang tetap terjaga. Selain itu, susu menjadi sangat penting karena dibutuhkan sebagai penambah kalori di trimester pertama dan kedua," ujar Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RSUD Cianjur, dr. Julia Dewi, SpGK, dalam diskusi media Nutrisi Tepat untuk Kehamilan (Janin) yang Sehat di Plaza Senayan, Jakarta, Senin 18 Desember 2017.

Aplikasi Bantu Ibu Hamil Kurangi Rasa Cemas, Seperti Apa

Jumlah penambahan energi pada trimester pertama lebih kurang 180 kalori (setara dengan satu gelas susu dan satu potong biskuit atau apel) terutama yang underweight. Sedangkan di trimester kedua dan ketiga sekitar 300 kalori (setara dengan dua gelas susu atau satu gelas susu ditambah apel dan biskuit).

"Pada mereka yang tidak toleran pada susu, dapat mensiasatinya dengan makan puding, sup buah, atau sajian macaroni schotel yang ditambahkan satu sendok teh susu (setara dengan 50mg kalsium). Bisa juga dengan salad buah dengan tambahan yoghurt atau makanan penutup seperti es krim," paparnya.

Pentingnya Mineral untuk Janin dan Ibu Hamil

Selain itu, sajian susu dapat diganti dengan produk turunan susu yang dimakan dalam porsi kecil tetapi bertahap  seperti keju serta dikombinasikan dengan produk susu lain. Tak lupa juga, kebutuhan vitamin D ibu hamil, harus diterpenuhi.

"Untuk membantu penyerapan kalsium di saluran cerna, dibutuhkan Vitamin D, di mana angka kebutuhan untuk perempuan dewasa sekitar 5 mikro gram, dan untuk ibu hamil ditambah 10 mikrogram," ungkapnya.

Wanita hamil

Cegah Stunting dengan Konsumsi Makanan Ini Selama Hamil

Selama masa kehamilan ibu bisa memberikan nutrisi yang benar.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2018