Sering Dicolong, Gelas di Bar Ini Dipasangi Alarm

Gelas bir/minuman bir.
Sumber :
  • Facebook Brugse Zot

VIVA – Sangat jarang menemukan sebuah bar yang memasang sensor layaknya sebuah toko pakaian atau swalayan, tapi sebuah bar ternama di Belgia, The Beer Wall, baru-baru ini memasang sensor alarm pada semua gelas bir mereka untuk mencegah pencurian terhadap gelas-gelas milik mereka.

Makin Bebas, Negara Arab Ini Buka Pabrik Minuman Keras Pertamanya

Sekitar 1.600 porsi bir yang dijual di The Beer Wall memang disajikan dengan gelas yang mereka rancang khusus. Beberapa di antaranya terlihat sangat menarik. Mulai dari gelas berbentuk piala, hingga gelas yang berbentuk seperti jam pasir atau bahkan irisan batok kelapa. Bar yang terletak di Bruges ini intinya memiliki banyak gelas dengan desain menarik.

Masalahnya, banyak pengunjung, terutama turis, seolah tergoda dengan kecantikan gelas-gelas itu saat sedang minum bir, sehingga mereka memilih untuk mengambilnya diam-diam sebagai suvenir dan mengabaikan peringatan empat bahasa yang sudah terpasang di bar. Padahal dalam peringatan tersebut jelas tertulis, gelas tidak gratis, mereka bisa membelinya di toko suvenir yang terletak di sebelah bar.

Produsen AMDK Diminta Perbesar Ukuran Gelas Plastik, Ini Alasannya

Minuman bir.

"Setiap tahun kami kehilangan setidaknya 4.000 gelas. Terutama turis, sangat senang untuk membawanya pulang. Mereka membawanya tanpa merasa malu," kata pemilik bar, Philip Maes, dikutip dari Oddity Central, Selasa, 20 Maret 2018.

Ardhito Pramono Ngamuk di Bar Lempar Gelas, Akui Salah dan Minta Maaf

"Di hotel orang mengambil handuk, di restoran mengambil tempat garam dan di bar mereka mengambil gelas. Untuk beberapa alasan, beberapa pelanggan berpikir bahwa saat mereka membayar sesuatu untuk minum, mereka dapat gelas sebagai hadiah," imbuhnya.

Karena semakin lama pencurian gelas itu berpengaruh pada laba, akhirnya The Beer Wall memutuskan untuk pertama kali, menginvestasikan uang sekitar US$5,000 atau Rp68 juta untuk memasang sistem alarm. Sensor dipasang di bagian dasar setiap gelas yang ada di bar, jadi saat seseorang mencoba membawanya keluar dari bar, sensor yang ada di pintu masuk akan menghidupkan alarm.

Maes berharap orang akan malu saat tertangkap mencuri gelas tersebut. Meski begitu, mereka tak berniat membawanya hingga jalur hukum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya