Berjuta Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan

Ilustrasi memasak dengan gas
Sumber :
  • Pixabay/Republica

VIVA – Kaldu tulang selama ini menjadi favorit banyak orang. Meski perlu waktu lama untuk mendapatkan kaldu asli dari tulang, namun berjuta manfaat yang bisa diperoleh setelahnya akan membayar semua usaha tersebut.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Bagus untuk imunitas, kalau lagi sakit sangat baik minum kaldu. Karena instanly lebih nyaman, enak, karena banyak nutrisi. Kita juga merasa kenyang untuk orang yang enggak mau gemuk atau mau menguruskan badan," kata Gwen Winarno, Health Coach dan Co-Founder Pure Foods Company saat ditemui VIVA baru-baru ini.

Sup kaldu cocok juga bagi mereka yang peduli pada keindahan kulit dan ingin menjaga bentuk tubuh. Selain rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat, kaldu tulang juga kaya kolagen yang penting untuk kulit.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Ada teman yang minum dua kali sehari, kulit segar, mengkilat, efek dari kolagen. Bagus juga untuk detoks tubuh. Selain itu bagus juga buat pencernaan dan persendian," kata Gwen lagi yang menyebut kaldu tulang juga bagus untuk dirinya yang mengalami autoimunne disorder atau kelainan autoimun.

Untuk mendapat manfaat maksimal tersebut sebaiknya konsumsi kaldu tulang secara rutin, satu cangkir setiap hari hingga kondisi membaik. Dan Gwen menyarankan untuk tetap rutin mengonsumsinya meski kondisi telah membaik.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

Cara membuat kaldu tulang berjuta manfaat ini juga cukup mudah. Bisa menggunakan semua tulang, dari tulang ayam, sapi, kepala udang, ikan, kecuali ikan tinggi lemak seperti salmon dan tuna. Kaldu juga bisa digunakan untuk semua masakan yang menggunakan air.

"Nasi beras cokelat, merah saya pakai air kaldu karena rasanya beda banget dan bagus untuk MPASI (makanan pendamping ASI). Semua proses, bikin pasta, menumis, bisa skip oil ganti dengan kaldu. Masak apapun yang menambahkan air bisa diganti kaldu,” ujarnya.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024