5 Menu Takjil Ini Cepat Pulihkan Energi saat Buka Puasa

Ilustrasi cendol
Sumber :
  • Pixabay/cegoh

VIVA – Saat berbuka puasa, kita disarankan untuk segera mengonsumsi makanan yang manis. Tahukah Anda alasannya?

5 Resep Takjil Praktis dan Mudah Buat Buka Puasa

Ketika berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makan dan minum. Hal ini menyebabkan berkurangnya kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi demikian yang menyebabkan tubuh terasa lemas dan pusing.

Makanan manis yang kita konsumsi saat berbuka, berfungsi menggantikan kadar gula dalam darah, supaya tubuh segera kembali bugar.

Aneka Resep Kolang kaling Segar Cocok untuk Menu Buka Puasa

Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick menjelaskan bahwa tubuh membutuhkan sumber energi yang dihasilkan dari asupan karbohidrat yang dikonversi menjadi gula oleh insulin. Tetapi juga perlu diketahui adanya batasan dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis, yaitu 5 persen dari jumlah total asupan kalori.

Berikut ini beberapa hidangan manis dan lezat untuk dikonsumsi saat berbuka.

5 Resep Takjil Manis yang Mudah untuk Dibuat

1. Kolak
Hidangan satu ini banyak kita jumpai sebagai takjil saat berbuka. Kolak dikenal memiliki cita rasa yang manis dan selalu menyertakan santan. Isian kolak pun beragam, mulai dari ubi, biji salak, pisang, kelapa muda, durian.

2. Cendol
Minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Sangat nikmat ditambahkan es batu. Cendol merupakan salah satu minuman yang paling banyak diburu sebagai takjil berbuka puasa.

3. Bubur kacang hijau
Bubur kacang hijau memiliki kadar asam amino yang tinggi, dapat menjadi alternatif sumber protein.

4. Bubur candil
Bahan utama bubur candil adalah tepung ketan. Setelah direbus dengan gula merah, candil yang sudah masak disajikan bersama santan. Manis dan gurih bubur candil menjadi paduan rasa yang lezat di lidah.

5. Es krim
Es krim dapat menjadi pilihan untuk takjil. Selain cita rasa yang manis, efek dingin dari es krim juga menambah kesegaran saat berbuka puasa.

Dr. Matthew Lantz Blaylock, Ph.D, nutritional scientist, menjelaskan bahwa tidak ada dampak negatif mengonsumsi es krim untuk berbuka puasa. Makanan yang terbuat dari susu ini juga memiliki kandungan gizi, gula, krim lemak dan protein susu.

Ada beragam produk es krim di pasaran, jika Anda ingin es krim dengan cita rasa berbeda, ada Joyday Jujube White Chocolate. Es krim ini mengandung kurma merah (jujube) yang dibalut cokelat putih yang lezat. Cocok untuk hidangan berbuka puasa. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya