5 Tips Tetap Sehat Meski Suka Makan Daging Bakar

Ilustrasi barbecue/bakar-bakaran.
Sumber :
  • Pixabay/Free-Photos

VIVA – Siapa sih yang enggak suka barbecue alias bakar-bakaran? Apalagi biasanya, membakar atau memanggang makanan adalah pilihan yang lebih sehat di restoran, ketimbang menggoreng makanannya. Selain itu, makanan yang dipanggang rasanya juga enak dengan ciri khas rasa berasap dan kesegaran makanannya.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Sayangnya, makanan barbecue tidak sesehat seperti yang dibayangkan. Kebanyakan orang memilih daging berlemak dan sosis untuk acara barbecue. Jenis daging tersebut tinggi kalori, lemak, dan tentunya kolesterol.

Selain itu, akibat proses makanan yang dipanggang, ada sejumlah senyawa yang berpotensi menyebabkan kanker, seperti polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs). PAHs terbentuk ketika lemak dari daging menyerap ke bara api panggangan. Kemudian, senyawa tersebut masuk ke makanan lewat asap panggangan. Sementara itu, HCAs terbentuk ketika daging merah, ikan, dan ayam diolah dalam suhu panas tinggi.

Coconut Charcoal Briquette: Enhancing Shisha and Barbecue Experience

Anda perlu mewaspadai semua risiko tersebut. Namun, bukan berarti Kamu harus berhenti makan barbecue. Ada cara kok supaya Kamu bisa barbecue dan bakar-bakaran lebih sehat. Berikut tips memanggang sehat seperti dilansir dari WebMD. (aw)

BACA SELENGKAPNYA

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet
Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024