Sajian Italia Tak Hanya Pizza dan Spaghetti

Pizza Italia
Sumber :
  • blog.eat24hours.com

VIVAlife – “Italiano, lezatooo!” ya, mungkin ungkapan ini yang sering kali muncul usai menikmati sajian Italia. Jangankan menikmati, melihat tampilannya saja, sering membuat kita tergiur. Makanan Italia memang terkenal dengan cita rasanya yang lezat, bahan baku berkualitas dan penampilannya yang mewah.

Siapa yang tak suka gurihnya pizza dan pasta, atau asam segarnya gelato serta manisnya tiramisu? Sajian ini adalah hanya beberapa contoh dari deretan sajian Italia yang populer di dunia.

Masakan Italia sendiri memiliki variasi berbeda sesuai daerahnya. Setiap kawasan memiliki varian resep serta teknik masak masing-masing. Ini dikarenakan dulunya, Italia terdiri dari negara-negara kecil yang berdiri sendiri. Namun, pada tahun 1861, saat disatukan, Italia saling mengenal jenis makanannya satu sama lain, serta ciri khasnya.

Keanekaragaman menu inilah yang kerap dipertahankan hingga sekarang, seperti menu di bawah ini:

1. Focaccia


Sekilas penampilannya tak jauh berbeda dengan pizza, begitu juga dengan kepopulerannya di Italia. Dulunya, roti panggang ini hanyalah sajian desa biasa yang hanya mengandalkan bahan segar pada musimnya. Namun, semuanya kini berubah, campuran rosemary dan minyak zaitun di dalamnya menjadikan roti  panggang ini memiliki nilai jual yang tinggi.

2. Panna Cotta


Ini adalah sajian legit dari Italia. Rasa manisnya kerap menutup acara makan. Perpaduan krim, susu, gula, dan gelatin membuat tampilannya seperti puding, hanya saja teksturnya lebih lembut dan creamy.

3. Beef Carpacio


Nah, hidangan berbahan dasar daging ini tak kalah lezat dengan steak atau burger. Hidangan pembuka ini pada dasarnya terdiri dari daging sapi has dalam (tenderloin) yang diiris tipis-tipis lalu ditambahkan garam, merica, salad, minyak zaitun, dan air perasan jeruk lemon. Tak sulit untuk menjumpainya, karena sajian ini selalu hadir di restoran khas Italia.

4. Insalata Caprese


Insalata caprese adalah salah satu pilihan salad khas Italia.  Kolaborasi lapisan potongan tomat, potongan keju mozzarella, daun basil, dan balsamic vinegar yang diberi garam, merica dan minyak zaitun, membuat cita rasanya semakin berkelas dan 'juara'.

5. Burrata


Burrata sebenarnya adalah sebutan keju segar yang teksturnya sangat lembut dan halus di bagian luar, namun creamy di bagian dalam. Awalnya, burrata dibuat dari sisa keju mozzarella yang diproses kembali. Meski dari ampas,  hingga saat ini burrata masih banyak digemari. Untuk menambah cita rasanya, biasa keju ini dinikmati bersama tomat, buah zaitun, madu dan sedikit cuka, yummy!

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024