Dapur Nyaman Jadi Sudut Kumpul Keluarga

Dapur Putih
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Zaman dulu, dapur seringkali diletakan di bagian rumah paling belakang. Itu karena, dapur yang berfungsi sebagai tempat memasak seringkali menjadi kotor dan banyak asap.

Sebisa mungkin, jika ada tamu, dapur tidak boleh terlihat. Memang, dulu dapur jadi ruangan yang "disembunyikan" oleh si tuan rumah. Namun, kini makin lama makin berubah. Dapur tidak hanya menjadi tempat untuk memasak saja.

Dapur sering disebut sebagai jantung sebuah rumah dan tentunya, harus diperhatikan kebersihan dan kenyamanannya. Sesuai dengan gaya hidup modern, desain dapur saat ini sudah dirancang dengan apik dan fungsional.

"Aktivitas memasak sudah bergeser dari kebutuhan rumah tangga menjadi gaya hidup masyarakat urban. Jika dulu dapur hanya sebagai tempat memasak, kini fungsi dapur sudah jauh berkembang," ucap Lanny Kurniawan, Costumer Management Division Head Modena.

Hal ini diamini oleh Roland Adam, seorang desainer interior. Menurutnya dengan tatanan dapur yang cantik serta memperhitungkan kebutuhan, justru bisa jadi tempat berkumpul.

"Saat ini banyak orang terutama ibu-ibu yang berlomba mendesain dan mendekorasi dapur mereka. Hal ini karena belakangan acara atau reuni kecil-kecilan tak lagi diadakan di restoran atau kafe, tapi di dapur," ujar Roland.

Dekorasi dan desain interior dapur kian bervariasi. Dapur pun dibuat sedemikian rupa jadi tempat yang nyaman untuk berkumpul dan menyatukan seluruh anggota keluarga. Ruang yang dulu identik dengan kotor dan banyak asap, kini telah berubah menjadi tempat yang bersih dan nyaman.

Keluarga bahkan bisa bercengkrama sambil melihat 'pertunjukan' di dapur. Saat makanan selesai dimasak, mereka pun langsung menyantapnya selagi hangat. 

"Banyak penghuni rumah maupun apartemen yang memperkaya dapur mereka dengan televisi, air conditioner, karpet, alunan musik dan sebagainya agar dapur memiliki kesan elegan dan membuat betah," kata Roland.

Tren interior dapur

Menurut Roland  tren interior dapur saat ini tidak terlalu berbeda dengan beberapa tahun belakangan. Itu karena, tren interior dapur berbeda dengan tren interior ruangan lain yang cepat berganti-ganti.

"Kalau ditanya kenapa, jawabannya adalah karena model-model peralatan dapur yang bervariasi agak sulit dicari kecuali lemari. Peralatan dapur pun desainnya banyak yang tidak diubah, paling hanya modelnya saja sedikit. Kebanyakan orang tidak akan terlalu sering gonta-ganti peralatan dapur tiap tahun," ujarnya.

Ia juga memberi sedikit bocoran tren interior dapur pada 2013 mendatang. "Interior dapur akan bernuansa klasik modern. Memang agak mengejutkan sedikit karena beberapa tahun terakhir interior yang jadi tren hanya modern," kata Roland.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup
Shin Tae-yong

Sikap Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan di Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23. Pelatih Timnas Indonesia U-23 bersikap beda.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024