Daftar Sayuran Ampuh Atasi Diabetes

Asparagus Salmon With Bacil Vinegar
Sumber :
  • Dok.Euroskin

VIVAlife - Banyak hal yang perlu diperhatikan bagi pada penderita diabetes. Salah satunya adalah menjaga pola makan. Jika biasanya sayuran dan buah sangat disarankan untuk kesehatan, nyatanya banyak juga jenis sayuran yang tidak bersahabat untuk penderita diabetes.

Jelang Lebaran, Anak Ini Justru Bacok Ibu Kandung dengan Pisau Daging

Misalnya saja sayuran yang memiliki kadar gula tinggi seperti wortel, lobak, dan bawang. Untuk dapat mengkonsumsi sayur, Anda bisa memilih keluarga labu dan beberapa sayur berikut ini. Semuanya akan membantu melakukan kontrol gula darah dalam tubuh.

Pare

Statistik Mengerikan Harry Kane Lawan Arsenal

Sedikit rasa pahit sepertinya harus diabaikan demi kesehatan. Anda dapat mengkonsumsi satu gelas jus pare setiap hari untuk menurunkan kadar gula darah. Sayuran yang mengandung senyawa insulin ini akan meningkatkan intoleransi glukosa pada penderita diabetes. 

Labu

Haru! Ayah Babe Cabita Ungkap Detik-detik Terakhir Sang Komedian Sebelum Meninggal

Sayuran berwarna kuning ini juga bisa disajikan dalam bentuk jus. Satu gelas jus labu mengandung 30 kalori, satu miligram sodium, 8 gram karbohidrat dan satu gram protein. Dengan kandungan ini, labu dapat digolongkan sebagai sayuran anti diabetes. Labu juga mengandalkan kandungan alkaloid, flavonoid, dan tiga jenis asam lemak lainnya yang juga memiliki sifat antiinflamasi dan antikarsinogenik.

Selada

Daun yang biasa dihidangkan sebagai menu lalapan ini ternyata banyak mengandung nutrisi penting, yang dipercaya sebagai antioksidan. Vitamin A, C, E, K, magnesium, asam folat, mangan, fosfor, dan natrium. Sebuah penelitian di Brazil menunjukkan bahwa rata-rata penderita diabetes memiliki kadar antioksidan rendah dalam tubuhnya. Padahal antioksidan inilah yang dapat menghindarkan tubuh dari bahaya diabetes dan komplikasinya. Untuk itu, selada sangat disarankan sebagai konsumsi sehari-hari.

Buncis

Dua zat ampuh pada buncis yang dapat meningkatkan insulin adalah B-sitosterol dan stigmasterol. Insulin sendiri merupakan hormon alami yang dihasilkan pankreas untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Anda dapat mengolahnya untuk tumisan, atau sebagai lalapan. 

Asparagus 

Hasil studi dari University of Karachi di Pakistan menemukan bahwa buncis juga merupakan senjata ampuh untuk mengatasi diabetes. Asparagus menekan kadar gula darah namun tidak meningkatkan produksi insulin. Para peneliti menekankan bahwa asupan asparagus dalam dosis tinggi berdampak signifikan terhadap produksi insulin oleh pankreas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya