Cara Sehat Mengkonsumsi Daging Sapi

Daging merah
Sumber :
VIVAlife -
Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone
Daging dianggap 'musuh' oleh para wanita yang sedang berdiet. Bukan hanya kandungan lemaknya yang tinggi tapi juga demi menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah tetap stabil. Tapi sebenarnya daging tak perlu dihindari.

Adzan Berkumandang di Jalur Gaza, Warga Palestina Rayakan Lebaran Diwarnai Bom dan Rumah Runtuh

Proteinnya yang tinggi sangat dibutuhkan tubuh. Anda hanya perlu tahu bagaimana mengkonsumsi daging dengan cara yang sehat. Pastikan Anda mengingat hal-hal berikut agar sajian daging lebih sehat dikonsumsi.
Sempat Dilarang Nabi, Bagaimana Hukum Ziarah Kubur di Hari Lebaran? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat


- Pilih jenis potongan daging yang tepat

Saat memasak di rumah, Anda dapat memilih sendiri bagian daging yang akan dimasak ketika berbelanja. Hindari memilih bagian daging yang mengandung banyak lemak. Potongan daging sapi terbaik tanpa lemak seperti dikutip dari
BoldSky,
adalah tenderloin. Sedangkan daging kambing, ayam dan kalkun adalah bagian dada.


- Hindari daging kalengan

Daging kalengan seperti kornet atau daging giling adalah daging yang telah diproses terlebih dahulu. Banyak daging yang sudah tidak segar kemudian digiling untuk tetap dapat dijual. Selain itu, daging kalengan dan daging giling mengandung banyak lemak karena saat digiling, lemak tidak disingkirkan sebelumnya.


- Rendah sodium

Cukup gunakan sedikit garam ketika membumbui daging. Anda juga dapat membumbuinya dengan rempah-rempah, bumbu herbal atau jeruk untuk membuatnya lebih beraroma dan menambahkan cita rasa.


- Gunakan metode memasak yang tepat

Memilih metode memasak daging juga penting. Gunakan minyak atau mentega seminimal mungkin agar tidak menambahkan lemak dan kolesterol ke dalam sajian daging Anda. Pilih cara memasak seperti dipanggang, direbus (sajian steam boat), dibakar atau dikukus sebagai pilihan terbaik agar masakan Anda tetap sehat dan aman dikonsumsi.


- Singkirkan lemak

Untuk tetap sehat saat mengkonsumsi daging sapi atau kambing, menghilangkan lemak adalah hal yang wajib. Selain lemak, saat memasak ayam atau kalkun, Anda juga harus menyingkirkan kulitnya. Itu karena, lemak banyak terdapat di bawah lapisan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya