Sumpit Sekali-Pakai Berbahaya?

nasi sumpit
Sumber :
  • mariokartwii.com

VIVAlife - Sumpit sekali pakai memang terlihat praktis dan alamiah karena terbuat dari kayu. Namun, fakta baru mengejutkan datang dari aktor China, Huang Bo. Melalui sebuah blog pribadinya, ia mengatakan sumpit sekali-pakai yang ia bawa pulang ke rumah mengeluarkan bau dan berubah warna.

"Berhenti gunakan sumpit sekali-pakai, itu bukan penyelamat lingkungan lagi. Ini adalah bagaimana Anda menyelamatkan hidup," tulis dia dalam blognya, seperti yang dilansir Asiaone.

Dong Jinshi, Sekjen Kemasan Pangan Asosiasi Internasional, mengatakan bahwa warna dan bau pada sumpit bisa jadi tanda kalau alat makan tersebut terpapar zat kimia sulfur.

"Sulfur, hidrogen peroksida, natrium sulfit dan inhibitor jamur, zat kimia yang biasa digunakan untuk membuat sumpit sekali-pakai, meskipun itu tidak diperbolehkan," kata Dong.

Di tahun 2010, China telah memberlakukan standar nasional pada proses produksi sumpit sekali-pakai. Ini termasuk pada jenis dan jumlah bahan kimia yang digunakan saat pembuatan sumpit. Namun, hingga saat ini pelanggaran masih banyak terjadi di kalangan pengrajin sumpit sekali-pakai. (kd)

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein
Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013