Rekomendasi Wisata Kuliner Murah Solo (II)

Serabi Solo.
Sumber :
  • aqua-bel.blogspot.com
VIVAlife - Solo memang terkenal sebagai kota budaya. Salah satu ikon wisatanya tentu Keraton Surakarta Hadiningrat yang merupakan tempat tinggal para Sunan dan keluarga istana yang masih menjalankan tradisi kerajaan. Sisi lain Solo yang menjadi daya tarik wisatawan adalah Pasar barang antik Triwindu, dan sentra batik di kampung Laweyan dan Kliwonan. Jika merencanakan liburan ke Solo, Anda juga wajib mencicip kuliner lezat yang tersaji. 
Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Tengkleng Pasar Klewer
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Bawah Gapura Pasar Klewer.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Mungkin sebagian orang belum mengenal tengkleng. Sejenis gulai kambing, hanya saja tidak menggunakan santan dan daging, melainkan tulang dengan sedikit daging yang menempel. Tengkleng biasanya berisi tulang iga, tulang kaki, jeroan, otak, telinga, pipi, mata, dan lidah.

Salah satu tempat yang menjual tengkleng lezat adalah Tengkleng Bu Edi yang berlokasi di Pasar Klewer. Bumbunya pas, dengan aroma kambing yang menggugah. Penyajiannya juga cukup unik karena tengkleng hanya dipincuk menggunakan daun pisang.  

Tengkleng Pasar Klewer Bu Edi buka setiap hari mulai pukul 13.00 WIB. Biasanya tengkleng ini sudah habis dalam waktu satu jam, jadi jika ingin mencicipi, Anda harus datang lebih awal. Harga satu porsi tengkleng mulai dari Rp15.000,-. 

Serabi Notosuman
Jln. Mohammad Yamin no 28.

Kalau sudah ke Solo dan tidak mencicipi serabi, artinya Anda belum sepenuhnya ke Solo. Rekomendasinya adalah Serabi Notosuman yang sudah ada sejak 1923. Menu paten Serabi Notosuman ini dibuat oleh perintisnya Hoo Gek Hok.

Serabi Solo dihidangkan tanpa menggunakan kuah manis. Pilihan rasa yang disajikan hanya dua. Rasa polos dan topping cokelat. Sayang, serabi ini tidak dapat dijadikan oleh-oleh karena hanya tahan 24 jam. Warung serabi ini buka dari jam 05.00 hingga 19.00 WIB.

Sate Kambing Pak Darso
Jl. Raya Pengging, Kab. Boyolali dekat Kantor Pos Banyudono.

Jika kita biasanya makan sate kambing pada malam, lain cerita di Solo. Sate kambing bisa dijadikan sebagai sarapan. Ya, orang Solo biasa sarapan dengan menu berat. Satu tempat yang menjual sate kambing berlokasi di pinggiran kota. Tepatnya di daerah Pengging. Namanya Sate Kambing Pak Darso.

Tidak hanya menyajikan sate, warung ini juga menyediakan gule, nasi godog, nasi goreng, tengkleng dan tongseng. Menu khas lain warung Pak Darso adalah sate buntel bakar. Satenya menyerupai sosis besar yang dimasak seperti tongseng. 

Harga satu porsi menu berkisar antara Rp 10.000,-. Warung ini buka dari pukul 07.00 sampai pukul 14.00 WIB.

Sumber: Taklmen.com

Pilihan kuliner lain baca melalui . Kunjungi juga gonla.com untuk perencanaan liburan murah. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya